Ahad 22 Dec 2019 14:37 WIB

UMKM: Sertifikasi Halal Gratis Sangat Dinantikan

Gratisnya sertifikasi halal akan semakin meningkatkan minat pelaku usaha.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Gita Amanda
Pengunjung mengamati produk kerajinan yang dipamerkan pada UMKM Export BRILian Preneur 2019 di Jakarta Convention Center. Sertifikasi halal gratis dinantikan para pelaku UMKM.
Foto: Republika/Prayogi
Pengunjung mengamati produk kerajinan yang dipamerkan pada UMKM Export BRILian Preneur 2019 di Jakarta Convention Center. Sertifikasi halal gratis dinantikan para pelaku UMKM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah sangat menantikan implementasi gratis biaya sertifikasi halal. Pemiliki perusahaan bakso Malang frozen PT Restu Ibu Grup, Eko Susanto, salah satunya. Ia menginginkan informasi ini diberitakan secara besar-besaran.

"Saya belum tahu kalau mau digratiskan, tapi kalau benar semoga beritanya disebarluaskan," katanya saat ditemui di bazaar BRILian UMKM Export, di Jakarta Convention Center (JCC), Ahad (22/12).

Baca Juga

Menurut Eko, seringkali kekhususan kebijakan diberitakan terbatas sehingga tidak semua UMKM mendapatkan manfaatnya. Bakso produksinya saat ini sedang menjalani prosedur sertifikasi halal dan menjalani sejumlah kendala.

Tidak ada kantor perwakilan di dekatnya membuat ia harus pergi ke Surabaya, Jawa Timur untuk pengajuan. Eko akhirnya diarahkan untuk melakukan pengajuan secara online pada akhir tahun 2018. Hingga saat ini, prosesnya baru 70 persen.

"Karena kita harus unggah syarat-syaratnya, terus diresponsnya kadang lama, ada revisi, ajukan lagi, yang makan waktu menunggu responsnya," katanya.

Eko menilai, gratisnya sertifikasi halal akan semakin meningkatkan minat pelaku usaha. Sejauh ini, sertifikasi halal sangat diperhatikan oleh konsumen sehingga pelaku usaha pun terdesak untuk mengurus izin.

Ia berharap kebijakan pemerintah ini akan membuat pelaku usaha segera memulai sertifikasi. Akan lebih baik jika prosesnya juga berlangsung dengan cepat. Misal, dengan penambahan surveyor halal yang bisa meningkatkan respons terhadap pengajuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement