Ahad 15 Dec 2019 06:28 WIB

Setahun Meluncur, Mitra Tokopedia Jangkau Lebih Dari 400 Ribu Mitra

Di era digital seperti saat ini, warung juga harus ikut berubah

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Setahun Meluncur, Mitra Tokopedia Jangkau Lebih Dari 400 Ribu Mitra. (FOTO: Bernadinus Adi Pramudita)
Setahun Meluncur, Mitra Tokopedia Jangkau Lebih Dari 400 Ribu Mitra. (FOTO: Bernadinus Adi Pramudita)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Setelah setahun diluncurkan Mitra Tokopedia, sudah menjangkau lebih dari 400.000 mitra. Cakupan dari program ini sudah ada di 500 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Baca Juga

"Saat ini sudah ada lebih dari 400.000 pemilik usaha kecil yang bergabung sebagai Mitra Tokopedia," kata AVP of New Retail Tokopedia Adi Putra di Festival Gerakan Warung Nasional yang digelar di Lapangan Banteng, Sabtu, (14/12/2019).

Adi menyebut program Mitra Tokopedia dihadirkan untuk mempermudah semua orang dalam memulai dan mengembangkan usaha, terutama para pemilik usaha kecil melalui pemanfaatan teknologi.

Baca Juga: Tokopedia Sudah Ciptakan 21.746 Lapangan Kerja di Sumut

"Di era digital seperti saat ini, warung juga harus ikut berubah. Melalui program Mitra Tokopedia, pemilik usaha kecil kini juga bisa berjualan produk-produk digital layaknya toko modern, mulai dari pulsa, pembayaran listrik, voucer gim, hingga BPJS Kesehatan," tambahnya.

Sejumlah fitur baru di aplikasi Mitra Tokopedia yang membantu mitra dalam berbisnis adalah Tempo. Fitur Tempo memungkinkan pemilik usaha kecil melakukan transaksi pembelian barang grosir untuk barang usahanya dengan pembayaran di belakang.

"Dengan fitur Tempo atau stock now pay later ini, pemilik usaha kecil bisa tetap membeli stok barang ketika belum ada modal, dan pembayarannya bisa dilakukan dalam jangka waktu satu minggu," jelasnya.

Baca Juga: Gerakan Warung Nasional, Kerja Sama Warung Pintar dan Mitra Tokopedia Dorong Digitalisasi Warung

Di 2020, Adi berharap pemilik usaha kecil yang bergabung menjadi Mitra Tokopedia bisa semakin banyak. Tetapi jumlah bukanlah hal yang utama.

"Lewat gerakan ini, kami berharap seluruh profesi di Indonesia, salah satunya pemilik warung, dapat berevolusi menjadi 'perusahaan teknologi' lewat ekosistem Tokopedia. Sehingga mereka dapat selalu relevan dengan perubahan zaman dan terus berperan dalam pemerataan dan pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Adi.

Festival Gerakan Warung Nasional digelar di Lapangan Banteng selama dua hari yakni 14 dan 15 Desember 2019. Pengunjung dapat menikmati berbagai macam jajanan warung yang disajikan selama festival berlangsung.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement