Jumat 29 Nov 2019 02:45 WIB

Kembangkan Teknologi di Real Estate, Lippo Gandeng Softbank

Softbank siap memperkenalkan wawasan teknologi canggih yang dimiliki ke pusat belanja

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Friska Yolanda
PT Lippo Karawaci Tbk menggandeng Softbank Corp dari Jepang untuk mengembangkan dan menyebarkan solusi ekosistem berbasis Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) di bidang real estate dan mobilitas Indonesia, di Jakarta, Kamis, (28/11).
Foto: Republika/Iit Septyaningsih
PT Lippo Karawaci Tbk menggandeng Softbank Corp dari Jepang untuk mengembangkan dan menyebarkan solusi ekosistem berbasis Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) di bidang real estate dan mobilitas Indonesia, di Jakarta, Kamis, (28/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Lippo Karawaci Tbk menggandeng Softbank Corp dari Jepang untuk mengembangkan dan menyebarkan solusi ekosistem berbasis Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) di bidang real estate dan mobilitas Indonesia. Lippo Village di Karawaci merupakan lokasi prioritas untuk proyek ini.

CEO Lippo Karawaci John Riady mengatakan, kerja sama ini sangat penting bagi strategi bisnis perusahaan berkode saham LPKR tersebut. Apalagi SoftBank sangat berpengalaman di bidang teknologi dan banyak mendukung perusahaan besar asal Indonesia.

"Saya senang sekali pada hari ini. Kami dapat mempererat kerja sama dengan Softbank khususnya di bidang teknologi. Sebelumnya kita merupakan perusahaan real estate, tapi kita harus memiliki pola pikir seperti perusahaan konsumen," kata John kepada wartawan di Jakarta, Kamis, (28/11).

Menurutnya di era ini, setiap perusahaan ditantang memberikan layanan terbaik. "Maka penting implementasikan teknologi," tegasnya. 

Ia berharap, kerja sama dengan Softbank dapat membawa banyak kebaikan bagi kedua pihak. Dengan begitu bisa berjalan dalam jangka waktu lama. 

Sayangnya, John enggan menyebutkan nilai investasinya. Wakil Presiden dan Kepala Strategi Bisnis Global SoftBank Hidebumi Kitahara pun tidak bersedia menyebutkan angka tersebut. 

"Itu rahasia. Kami tidak bisa menentukan jumlah pastinya. Hal pasti kami punya cukup uang untuk itu," tegas Hidebumi pada kesempatan serupa. 

Dirinya menambahkan, Softbank siap memperkenalkan wawasan teknologi canggih yang dimilikinya ke pusat perbelanjaan dan fasilitas komersial lainnya meliputi rumah sakit, serta seluruh kawasan Lippo Village. "Kami bertujuan mengembangkan Lippo Village sebagai contoh model kota cerdas di Asia Tenggara," tutur dia. 

Vice President and Head of Global Business Strategy, Softbank, Hidebumi Kitahara menambahkan melalui kerja sama ini ingin memperkenalkan wawasan teknologi canggih yang dimilikinya ke pusat perbelanjaan dan fasilitas komersial lainnya, rumah sakit, dan seluruh kawasan Lippo Village. "Dalam hal ini, kami bertujuan untuk mengembangkan Lippo Village sebagai contoh model Kota Cerdas di Asia Tenggara," lanjutnya.

Kerja sama ini, lanjutnya, bakal menghadirkan platform analitikal baru yang didukung oleh Al dan Big Data yang secara dramatis akan meningkatkan pengalaman pelanggan. Platform juga akan diperluas ke segmen mal, menggabungkan pemilik dan operator mal ritel terbesar melalui aplikasi teknologi inovatif yang disediakan SoftBank melalui teknologi IoT.

Proyek tersebut diyakini dapat memberikan pengalaman mutakhir bagi para pelanggan. Pasalnya akan menghubungkan perilaku pengguna dengan penawaran dan penghargaan khusus di seluruh jaringan 51 mal yang dikelola LPKR.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement