Rabu 20 Nov 2019 15:18 WIB

Konstruksi PLTGU Jawa 1 Capai 39,7 Persen

PLTGU Jawa 1 ditargetkan mulai beroperasi pada Desember 2021.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Pembangkit Listrik Tenaga Uap
Pembangkit Listrik Tenaga Uap

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertamina memastikan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa 1 tetap berjalan baik dengan konsorsium PT Pertamina Power Indonesia (PPI), Marubeni  Corporation dan Sojitz Corporation. Proyek pembangunan pembangkit listrik berkapasitas 1.760 megawatt (MW) tersebut telah mencapai 39,7 persen.

Direktur Hulu Pertamina selaku Komisaris Utama PPI Dharmawan H Samsu dalam kunjungan kerjanya ke lokasi proyek PLTGU Jawa-1 di Cilamaya, Jawa Barat, Selasa (19/11), menegaskan, pelaksanaan proyek yang berlangsung baik ini harus terus dijaga. Dia mengatakan, kemajuan yang dicapai saat ini menunjukkan  bahwa kerja sama antara anggota konsorsium berjalan dengan sangat baik dan kondusif.

Baca Juga

“Dan ini harus dijaga untuk proyek yang sangat menjadi perhatian dari para pemangku kepentingan. Dan dari sisi kemajuan proyek saya melihat pencapaian sudah 39,7 persen agregat dan itu sesuai dengan desain dan target awal. Jadi pesan saya kepada para manajemen di sini dan para pekerja agar kinerja ini terus ditingkatkan,” katanya, Rabu (20/11).

Dharmawan mengatakan, salah satu milestone dalam waktu dekat adalah kedatangan komponen berat seperti boiler pada akhir Desember 2019. Selain itu, juga diharapkan rampungnya pembangunan terminal Roll On-Roll Off (RoRo) Jetty dan selesainya jalan untuk akses dari Jetty ke power plant construction site sepanjang 7 kilometer.

Menurut Dharmawan, saat ini proyek tersebut berlangsung sesuai anggaran dan dilakukan sesuai dengan standar (International Finance Corporation (IFC). Dari progress yang sudah dicapai, PPI sebagai pimpinan konsorsium berkeyakinan dapat menyelesaikan COD tepat waktu, yakni pada Desember 2021.

“Sesuai yang dijadwalkan selama 36 bulan sejak November 2018. Kalau melihat kemajuan proyek saat ini, kami yakin target dapat tercapai,” lanjut Dharmawan.

Kinerja yang sangat baik dan meyakinkan juga ditunjukkan dalam progres pembangunan Floating Storage and Regasification Unit (FSRU). Konstruksi FSRU yang terintegrasi dengan PLTGU Jawa 1 ini sudah mencapai 50,2 persen. "Sebuah capaian yang patut disyukuri," ujar Dharmawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement