Kamis 14 Nov 2019 10:45 WIB

Kemenhub Targetkan Serapan Anggaran Capai 90 Persen

Masih terdapat outstanding contract yang akan terbayar senilai Rp 6,4 triliun.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolanda
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) mengikuti rapat kerja bersama Komisi V DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (13/11/2019).
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) mengikuti rapat kerja bersama Komisi V DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (13/11/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) targetkan serapan anggaran hingga Desember 2019  bisa mencapai 90,37 persen. Hingga November 2019, penyerapan anggaran Kemenhub baru mencapai 63,3 persen.

"Kita akan melakukan beberapa strategi agar penyerapan anggaran bisa sampai 90 persen," kata Budi di Gedung DPR, Rabu (13/11).

Budi menjelaskan hingga saat ini serapan anggaran yang paling banyak pada kegiatan nonfisik. Beberapa di antaranya kegiatan di Inspektorat Jenderal, Sekretariat Jenderal, Litbang, dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) yang rata-rata sudah 80 persen.

"Untuk pekerjaan fisik sekarang di 60 persenan dan nanti di ujung kita targetkan menjadi 90 persen," tutur Budi.

Untuk itu, Budi mengharapkan dengan upaya maksimal target serapan anggaran dapat tercapai dengan pertimbangan masih terdapat outstanding contract yang akan terbayar sebanyak Rp 6,4 triliun dan juga dalam dua bulan ini terhadap belanja operasional sebanyak Rp 2,8 triliun.

"Kami sadar dibutuhkan kerja keras untuk memenuhi daya serap 90 persen," ujar Budi.

Dia mengatakan beberapa strategi yang akan dilakukan yaitu memonitor dan memastikan data-data yang ada dalam proses pengerjaan. Selain itu, Budi juga akan melakukan pengamatan dalam proses pencairan dan selanjutnya membuat rencana kegiatan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement