Rabu 09 Oct 2019 15:15 WIB

Jaga Loyalitas Nasabah, UOB Luncurkan Game of Crown

Game of Crown menjadi game online pertama yang dikembangkan perbankan di Indonesia.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
PT UOB Indonesia meluncurkan permainan online bertajuk Game of Crown untuk meningkatkan loyalitas  nasabah dalam menggunakan kartu kredit, Rabu (9/10).
Foto: Republika/Lida Puspaningtyas
PT UOB Indonesia meluncurkan permainan online bertajuk Game of Crown untuk meningkatkan loyalitas nasabah dalam menggunakan kartu kredit, Rabu (9/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) meluncurkan program game online yang terhubung dengan transaksi kartu kredit. Ini menjadi game online pertama yang dikembangkan oleh perbankan di Indonesia.

Wakil Presiden Direktur UOB Indonesia, Hendra Gunawan menyampaikan permainan petualangan ini diberi nama Game of Crown. Permainan tersebut bertujuan untuk menjaga loyalitas nasabah dalam menggunakan kartu kredit UOB.

Baca Juga

"Kami memanfaatkan momentum menjelang akhir tahun saat transaksi dan konsumsi masyarakat meningkat," kata Hendra saat peluncuran Game of Crown di Plaza UOB, Jakarta, Rabu (9/10).

Menurut data Bank Indonesia, pertumbuhan rata-rata nilai transaksi kartu kredit terjadi pada akhir tahun. Data tahun 2018 menyebutkan, pertumbuhan rata-rata kartu kredit pada Februari-September naik sebesar 12 persen di bulan Oktober-Januari.

Di UOB, kata Hendra, nilainya meningkat di atas industri yakni 24 persen. Salah satu kontribusinya berasal dari gamification. Tahun lalu, UOB juga membuat program permainan online bertajuk UOB Blast of Surprise 2.0 di akhir 2018.

Kampanye tersebut meningkatkan nilai transaksi hingga 26 persen, jumlah transaksi meningkat 30 persen dan nasabah rata-rata bermain sebanyak lima kali. Sehingga UOB menilai strategi gamification terbukti telah meningkatkan loyalitas konsumen dalam bertransaksi dengan kartu kredit.

Cards and Payments Head UOB Indonesia, Dessy Masri mengatakan nilai transaksi kartu kredit UOB naik 28 persen, di atas rata-rata pasar yang hanya enam persen per September 2019. Pertumbuhan nasabah sendiri stagnan sekitar 1-2 persen seperti rata-rata pasar.

"Sehingga kita perlu untuk memastikan loyalitas nasabah, membuat nilai transaksi semakin meningkat," kata dia.

Dessy mengatakan UOB melakukan riset dengan bertanya pada nasabah cara untuk meningkatkan transaksi mereka. Salah satu caranya adalah dengan mendapatkan hadiah langsung dan permainan yang bisa meningkatkan engagement.

Game of Crown menawarkan hadiah langsung setelah bermain. Smartphone, logam mulia, kamera digital, TV LED, e-voucher, sepeda motor hingga mobil merupakan beragam jenis hadiah yang dapat dimenangkan.

Pemegang kartu kredit dapat memilih untuk tidak menukarkan poin di akhir tahapan permainan namun terus mengumpulkannya demi berkompetisi menjadi pengumpul poin terbanyak di akhir periode permainan. Ia berkesempatan memperoleh hadiah utama yaitu sebuah mobil Toyota Expander juga beberapa motor.

Pemegang kartu kredit dapat memantau perolehan poin dari 10 pemain terbaik lainnya melalui tabel klasemen setiap saat di dalam periode dari 9 Oktober 2019 hingga 31 Januari 2020. Untuk bisa bermain dan dapat poin, nasabah perlu mendapat token.

Pemegang kartu kredit harus berbelanja sebesar minimum Rp 1 juta untuk memperoleh satu token. Setelah transaksi berhasil, pemegang kartu kredit akan menerima notifikasi SMS yang berisi kode token dan arahan untuk mengunjungi website permainan www.gameofcrown.com.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement