Rabu 06 Dec 2023 18:35 WIB

Resmi Akuisisi Citigroup, UOB Indonesia Fokus di Segmen Ritel

Diharapkan jangkauan ritel UOB di empat negara akan semakin luas.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Gedung Bank UOB Indonesia.
Gedung Bank UOB Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- UOB secara resmi mengumumkan penyelesaian akuisisi bisnis perbankan konsumer Citigroup di Indonesia dan integrasi penuh aset dan liabilitas Citibank Indonesia ke UOB Indonesia pada Rabu (6/12/2023). Pengumuman resmi dilakukan setelah selesainya proses integrasi di Malaysia dan Thailand pada bulan November 2022 dan di Vietnam pada bulan Maret 2023. 

Consumer Banking Director UOB Indonesia Henry Choi mengatakan, saat ini pasar Asia Tenggara sangat besar dan menjanjikan untuk 10 tahun ke depan. Dengan ekspansi organik, diharapkan jangkauan ritel UOB di empat negara akan semakin luas didukung dengan basis nasabah ritel UOB di ASEAN yang mencapai hampir delapan juta. 

Baca Juga

Sebagai informasi, akuisisi UOB atas bisnis perbankan konsumer Citigroup ini terdiri dari bisnis portofolio unsecured, secured, wealth management, dan retail deposit di empat negara ASEAN. Keseluruhan akuisisi ini menambah jumlah karyawan UOB sebanyak hampir 5.000 orang yang akan memperkuat tim bank.

Dalam proses akusisi ini, lanjutnya, UOB Indonesia memperoleh tambahan modal melalui right issue sebesar Rp 1,5 triliun yang akan memungkinkan UOB Indonesia untuk menciptakan nilai yang lebih besar bagi nasabah dan meningkatkan kekuatan neraca. Penambahan modal ini merupakan bukti dukungan dan komitmen jangka panjang para pemegang saham di Indonesia terhadap strategi pertumbuhan yang berkesinambungan dan dipercepat, baik untuk bisnis perbankan konsumer maupun wholesale di Tanah Air.

 

"Akuisisi ini menunjukkan hasil yang menjanjikan dan memperkuat posisi kami sebagai bank terkemuka di kawasan. Indonesia merupakan pasar dengan salah satu potensi pertumbuhan terbesar di ASEAN dan bisnis ritel akan menjadi tujuan utama kami" kata dia.

Hadir dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur UOB Indonesia Hendra Gunawan mengatakan akusisi ini dapat dilakukan berkat dukungan tim dan kemampuan UOB Indonesia yang lebih kuat. Serta kemitraan ekosistem yang lebih luas.

"Kami berharap dapat menghadirkan rangkaian produk yang lebih beragam dan pengalaman nasabah yang tak tertandingi di Indonesia dan di seluruh kawasan," sambungnya.

Akuisisi ini juga mencerminkan komitmen jangka panjang UOB Indonesia untuk selalu memberikan yang terbaik bagi nasabah. Portofolio Citigroup menambah kedalaman dan keluasan basis nasabah, ragam produk, penawaran solusi dan ekosistem mitra.

"Kami berharap dapat melakukan lebih banyak sinergi untuk memberikan nilai lebih kepada nasabah," tuturnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement