Jumat 27 Sep 2019 19:59 WIB

Agri Journalistic Camp Sambangi Bali

Peningkatan kapasitas SDM komunikasi di lingkungan Kementerian Pertanian penting.

Rep: Subroto/ Red: Gita Amanda
Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi menjadi pembicara di Agri Journalistic Camp (AJC), di Denpasar.
Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi menjadi pembicara di Agri Journalistic Camp (AJC), di Denpasar.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Untuk mengingkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) komunikasi, Kementerian Pertanian (Kementan) bekerja sama dengan Republika menggelar kegiatan Agri Journalistic Camp (AJC). Kegiatan yang digelar di Denpasar, Bali, 27-28 September ini diikuti oleh 40 orang peserta.

"Peningkatan kapasitas SDM komunikasi di lingkungan Kementerian Pertanian sangat penting. Agri Jurnalistic Camp ini menjadi salah satu program yang bisa mendorong peningkatan tersebut," kata Kepala Biro Humas  dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri.

Baca Juga

Kuntoro mengharapkan agar program ini bisa memberikan efek positif berupa peningkatan layanan Kementan untuk bisa memberi informasi yang penting bagi masyarakat. "Informasi-informasi mengenai dunia pertanian harus terus dikuatkan agar sektor ini makin besar memberi kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia," tuturnya.

Selain itu, menurutnya, pihaknya juga berharap program ini bisa memberi sumbangan berupa tersebarnya hasil karya inovasi putra bangsa di bidang pertanian. "Inovasi sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan dunia pertanian di masa mendatang," katanya.

Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi mengatakan Republika berkomitmen kuat untuk mendukung sektor pertanian. Sebagai negara agraris, katanya, Indonesia sangat bergantung pada para petani dan hasil-hasilnya.

"Pelatihan ini menjadi salah satu ikhtiar Republika untuk bisa bersumbangsih membesarkan dunia pertanian," katanya.

Irfan menuturkan, pengalaman mengelola informasi yang Republika miliki, penting untuk dibagi dengan kru Kementan yang diberi amanat untuk mengomunikasikan informasi pertanian kepada masyarakat. "Kami berharap, sharing pengalaman ini memberikan manfaat bagi perkembangan dunia pertanian," tegasnya.

Selama dua hari pelatihan, para peserta dibekali dengan materi mengenal media dan berhubungan dengan wartawan. Selain itu juga ada materi penulisan press release dan fotografi. Materi diberikan dalam bentuk teori dan praktek.

Selain oleh Irfan Junaidi, materi disampaikan oleh Redaktur Pelaksana Republika Subroto dan Redaktur Foto Republika Yogi Ardhy.

AJC kali ini adalah ketiga kalinya digelar Kementan dan Republika. Kegiatan serupa sebelumnya dilaksanakan di Surabaya dan Bogor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement