Kamis 15 Aug 2019 12:35 WIB

Pertamina: Kebakaran Kilang Balikpapan Sudah Padam

Pertamina segera melakukan investigasi mengenai penyebab kebakaran Kilang Balikpapan

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Nidia Zuraya
Kilang minyak
Kilang minyak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan kebakaran yang terjadi di salah satu titik area Kilang RU V  Pertamina Balikpapan pada Kamis (15/8) pukul 09.30 WITA sudah berhasil dipadamkan.

"Memang benar tadi pukul 09.30 WITA, terjadi kebakaran di salah satu fasilitas di area Kilang RU V Balikpapan, namun bukan di fasilitas utama," ujar Fajriyah di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (15/8).

Baca Juga

Fajriyah menyampaikan, pemadaman dilakukan dengan menggunakan media foam dan air dengan mengerahkan empat unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit trailer foam. Fajriyah menyampaikan, tidak ada korban jiwa atas peristiwa kebakaran tersebut.

"Kebakarannya sudah padam dan sekarang masih proses pendinginan," kata Fajriyah.

Fajriyah mengatakan kebakaran terjadi di area Kilang eksisting Pertamina di Balikpapan. Fasilitas yang terbakar memang berada di dalam area kilang RU V, namun hanya di salah satu fasilitas kilang, dan bukan fasilitas yang utama.

"Intinya kita segera tangani. Sampai saat ini, secara umum kilang beroperasi dan penanganan masih sedang dilakukan," ucap Fajriyah.

Mengenai penyebab dan nilai kerugian, Fajriyah menilai nantinya akan ada proses investigasi. "Biasanya kalau ada kejadian seperti ini akan ada investigasi. Nanti kita update karena kita masih menunggu informasi dari lapangan. Namun kilang secara umum beroperasi dengan baik," kata Fajriyah menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement