Ahad 04 Aug 2019 07:34 WIB

Ralali.com Targetkan GMV Tumbuh 3 Kali Lipat Tahun Ini

Ralali.com merupakan platform B2B marketplace online membantu bisnis UMKM.

Rep: Annisa Nurfitriyani(Warta Ekonomi)/ Red: Annisa Nurfitriyani(Warta Ekonomi)
Ralali.com Targetkan GMV Tumbuh 3 Kali Lipat Tahun Ini. (FOTO: Ralali.com)
Ralali.com Targetkan GMV Tumbuh 3 Kali Lipat Tahun Ini. (FOTO: Ralali.com)

PT Raksasa Laju Lintang pengelola Ralali.com platform B2B marketplace online yang bertujuan membantu bisnis membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia ini menargetkan pada tahun ini nilai total transaksi (gross merchandise value/GMV) akan meningkat tiga hingga lima kali lipat. Pasalnya, pada tahun 2018 lalu Ralali.com berhasil menunjukkan pertumbuhan signifikan pendapatan GMV sebanyak lima kali lipat.

CEO Ralali.com, Joseph Aditya  mengatakan jika fokus utama yang menjadi growth enggine Ralali.com di tahun 2019 yakni BIG Agent yang merupakan aplikasi berbasis teknologi yang menghubungkan masyarakat ke berbagai macam pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan khususnya membantu bisnis UMKM, baik aspek  finansial maupun sosial untuk meningkatkan taraf hidup para pelaku usaha dan pekerjanya.

“Aplikasi ini menyediakan kesempatan bagi mereka yang memiliki waktu luang dan perangkat gadget serta bisa mengerjakan tugas dimana saja. Mereka yang terdaftar menjadi sobat agent mayoritas berasal dari usia 21-25 tahun dan kalangan ibu rumah tangga, mahasiswa serta pengemudi ojek online yang saat ini berjumlah 120 ribu pendaftar,” ucapnya, di Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Dengan mengusung #2019antinganggur, lanjut Adit, Big Agent akan mengajak 250 ribu sobat agent baru di tahun ini, sehingga siapapun berhak memilikii pendapatan dan pekerjaan.

“Pemberdayaan ini diharapkan dapat tercapau seiring dengan peningkatan kuantitas dan kualitas IMKM di Indonesia menjadi lebih berdaya saing bisnis di ranah digital,” harapnya.

Adit menuturkan bila sejak tahun 2018 hingga saat ini ada enam kategori BIG yakni BIG Resto untuk usaha kuliner dan jasa makanan, BIG Office untuk usaha perkantoran, BIG Auto untuk usaha otomotif, Big Home untuk usha bahan bangunan, BIG Mart untuk usaha kebutuhan FMCG dan BIG Market untuk usaha retail.

Ia mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah melakukan pemberdayaan kepada sebanyak 500 ribu UMKM. Dan, diharapkan pada akhir tahun ini angka tersebut akan tumbuh dua kali lipat menjadi 1 juta UMKM.

“Targetnya 1 juta UMKM tahun ini. Sekarang sudah 500 ribu, growth paling cepat tahun ini karena perkembangannya masif banget,” ujar pria yang akrab disapa Adit tersbut, di Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Guna mewujudkan hal tersbut, Adit pun mengungkapkan bila Ralali.com berniat untuk menambah dua kategori BIg yakni BIG Beauty dan Big Fashion. “Kita juga tertarik agriculture, ini nanti kita akan kolaborasi,” terangnya.

Sebagai informasi,  perusahaan telah meraih pendanaan sebesar US$13 juta. Investasi seri C Ralali.com ini dipimpin oleh Arbor Ventures (Singapura), TNB Aura (Singapura) dan founder dari ZIGExN Co., Ltd., Mr Jo Hirao (Jepang), dengan partisipasi dari AddVentures (Thailand) dan Qualgro (Singapura) sebagai investor pendahulu. Ralali.com berencana menggunakan pendanaan untuk memudahkan, memperluas dan memperkuat UMKM Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan usaha.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement