Senin 15 Jul 2019 22:42 WIB

PT Taspen Dorong ASN Jelang Purnatugas Menjadi Pengusaha

Ini upaya mendorong semangat kewirausahaan di kalangan purnatugas ASN.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Gita Amanda
Petugas PT Pos Indonesia melayani pensiunan PNS dan TNI/Polri mengambi gaji dan tunjangan. (Ilustrasi)
Foto: Antara/Irwansyah Putra
Petugas PT Pos Indonesia melayani pensiunan PNS dan TNI/Polri mengambi gaji dan tunjangan. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- PT Taspen tidak hanya bertugas mengelola dan menyalurkan dana pensiun dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN). Lebih dari itu, PT Taspen juga ikut peduli terhadap nasib para ASN yang akan memasuki masa pensiun. Salah satu bentuk kepedulian tersebut, ditunjukkan dengan digelarnya seminar dan workshop kewirausahaan bagi ASN menjelang purnatugas dan para purnatugas ASN se-Kabupaten Banyumas, Senin (15/7).

Kepala Kanctor Cabang PT Taspen Banyumas, Jhon Irwan, menjelaskan seminar antara lain dimaksudkan untuk mempersiapkan masa pensiun bagi kalangan ASN, agar bisa terus berkarya dan berwira usaha. ''Kegiatan ini merupakan program kami dalam berusaha meningkatkan pelayanan dan memberikan manfaat kepada para ASN khususnya yang memasuki masa purnatugas,'' katanya.

Baca Juga

Direktur SDM & Teknologi Informasi PT Taspen Indonesia Mohammad Jufri, mengatakan kegiatan yang digelar, sebagai bagian dari upaya mendorong semangat kewirausahaan di kalangan purnatugas ASN. ''Saat ini, di Indonesia baru ada sekitar 4 persen pengusaha. Sedangkan Presiden mendorong agar komposisi jumlah pengusaha di Indonesia mencapai 14 persen,'' katanya.

Dia menyebutkan, dengan menjadi pengusaha, maka para purnatugas ASN dapat menjadi agen 'inkubator' yang sangat kuat dan sangat penting dalam pembangunan ekonomi. Hal ini karena banyak kalangan ASN yang memiliki pengalaman menfasilitasi berbagai bentuk usaha saat masih aktif menjadi ASN.

''Bila target presiden bisa terealisasi, tentu akan sangat mendorong kemajuan negara. Keberadaan para pengusaha akan memberi stimulus bagi kegiatan ekonomi yang sedang berlangsung,'' katanya.

Muhammad Jupri juga menyatakan, berjuang dan berkarya untuk negeri tidak hanya sebatas pada saat masih aktif sebagai ASN. Namun saat memasuki masa pensiun, justru menjadi awal yang paling baik bagi ASN untuk berkarya lebih banyak. ''Bank pemerintah maupun swasta, tentu akan memberikan dukungan terhadap program kewirausahaan yang dilaksanakan pada ASN,'' katanya.

Sekda Banyumas Wahyu Budi Saptono, dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi pada PT Taspen Indonesia Kantor Cabang Purwokerto yang telah memprakarsai kegiatan seminar dan workshop bagi ASN yang menjelang pensiun. ''Kegiatan ini tentu akan banyak memberikan bekal pengetahuan dan wawasan kewirausahaan bagi kalangan ASN,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement