REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- PLN Unit Induk se-Sumatra Selatan mengadakan acara Multi Stakeholder Forum. Acara yang bertujuan untuk mempererat komunikasi dan kerja sama antara PLN dan stakeholder ini turut dihadiri oleh Gubernur Sumatra Selatan, H Herman Deru.
Dalam sambutannya, Gubernur Sumatra Selatan menyampaikan apresiasi atas kinerja PLN dalam penyediaan tenaga listrik. Gubernur juga menyampaikan listrik sangat berperan penting dalam memajukan perekonomian dan pembangunan suatu daerah.
"Sehingga pelaksanaan pembangunan instalasinya membutuhkan dukungan semua pihak, baik itu masyarakat maupun stakeholder terkait," ujarnya di Palembang.
Selain itu, Gubernur meminta kepada PLN melalui program CSR untuk meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat. PLN juga diminta peduli terhadap lingkungan dengan mendukung energi baru dan terbarukan.
PLN pun diharapkan dapat mengembangkan inovasi bekerja sama dengan instansi terkait untuk memperoleh tenaga listrik dari Energi Baru dan Terbarukan (EBT) seperti PLTMH, PLTS, dan lain-lain. Khususnya untuk pasokan listrik ke daerah-daerah terpencil.
Dalam penutup sambutannya, Gubernur meminta kepada semua pihak untuk menjalankan tugas dengan jujur dan bersih tanpa korupsi apapun bentuknya.
Di acara itu juga disampaikan Sosialisasi mengenai fraud yang disampaikan oleh Transparency International Indonesia (TII), Hani Yulianto. Dalam penyampaiannya, TII mengharapkan agar PLN menjadi BUMN strategis yang dimiliki oleh Indonesia.
PLN harus dijaga oleh segenap masyarakat supaya dapat tetap mengendalikan sektor kelistrikan di Indonesia. "Karena tugas PLN sangatlah besar dan untuk kepentingan orang banyak, maka para stakeholder dihimbau untuk turut serta mendukung PLN dalam menegakkan aturan, fokus pada proses bisnis kelistrikan, serta tidak mudah tergoda untuk melakukan tindakan korupsi, demi mewujudkan Kesejahteraan dan kemakmuran masayarakat indonesia seluruhnya", ungkap Hani.
Acara Multi stakeholder Forum tersebut ditutup dengan pelaksanaan Leadership Quality Feedback (LiQuiD) yakni mekanisme penilaian terhadap pelayanan dan kinerja manajemen PLN yang dilakukan oleh para stakeholdernya. Melalui cara ini, diharapkan masukan dan saran langsung dari para stakeholder PLN demi peningkatan kinerja dan pelayanan yang terus menerus.
Pelaksanaan LiQuiD ini juga menjadi bukti nyata komitmen PLN untuk terus meningkatkan pelayanan kepada seluruh stakeholdernya termasuk masyarakat pada umumnya.