Ahad 05 May 2019 13:35 WIB

Tiket Mudik ke Jateng Selatan Ludes

Tiket mudik dari Jakarta ke Purwokerto dan kota lain di Jateng selatan habis

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Esthi Maharani
Calon penumpang memesan tiket kereta api melalui mesin pemesanan tiket di Stasiun Balapan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (4/5/2019).
Foto: Antara/Mohammad Ayudha
Calon penumpang memesan tiket kereta api melalui mesin pemesanan tiket di Stasiun Balapan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (4/5/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Tiket KA untuk kebutuhan mudik dan balik lebaran, sudah ludes terjual. Manajer PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, menyebutkan tiket KA mudik dari Jakarta menuju Purwokerto dan berbagai kota lain di Jateng selatan, sudah ludes untuk perjalanan tanggal 26 Mei - 5 Juni 2019.

Sedangkan untuk arus balik, tiket KA yang sudah ludes terjual untuk perjalanan sejak 7 Juni hingga 13 Juni 2019. ''Tiket KA yang ludes untuk perjalanan pada tanggal itu, baik perjalanan ke Jakarta, Bandung, maupun Surabaya,'' jelasnya, Ahad (5/5).

Bahkan untuk KA tertentu, seperti KA Serayu Pagi dan Serayu Sore jurusan Purwokerto-Bandung, Kutojaya Selatan rerlasi Kutoarjo-Jakarta via Bandung, Sawunggalih Pagi relasi Kuarjjo-Jakarta, dan KA Logawa relasi Purwokerto-Banyuwangi, sudah ludes hingga tanggal 16 Juni 2019.

Namun dia menyebutkan, masa masa arus mudik sebelum lebaran, tiket KA untuk perjalanan dari kota-kota di Jateng menuju Jakarta dan Bandung, masih cukup banyak. ''Dengan demikian, bagi pemudik dari Purwokerto menuju Jakarta, silakan melakukan pemesanan tiket, karena persediaan tiket masih banyak,'' jelasnya.

Selama masa libur lebaran ini, Supriyanto menyatakan, PT KAI Daop 5 Purwokerto mengoperasikan 16 KA menuju berbagai jurusan. Dari jumlah KA tersebut, 14 KA merupakan KA reguler dan 4 KA merupakan KA Tambahan Lebaran. ''Selain KA reguler dan tambahan lebaran, masih ada sejumlah KA dari kota lain yang melintas di wilayah Daop 5 Purwokerto, baik dari arah Jakarta/Bandung ataupun dari arah Surabaya/Yogyakarta,'' katanya.

Dia menyatakan, untuk mensukseskan dan menjamin keselamatan perjalanan KA, jajaran PT KAI Daop 5 sudah melakukan berbagai persiapan. ''Kami akan menyiagakan seluruh sumber daya yang ada dengan melaksanakan posko lebaran selama 22 hari, mulai 26 Mei sampai 16 Juni 2019,'' katanya.

Untuk kesiapan prasarana, KAI Daop 5 Purwokerto sudah melakukan perawatan prasarana yang ada. Termasuk melakukan pemetaan daerah-daerah rawan di sepanjang jalur KA dengan menempatkan petugas maupun peralatan siaga di 20 lokasi.

''Kita juga menambah petugas  pemeriksa jalan yang akan melakukan pemeriksaan ruas jalan secara intensif, serta menambah penjaga di perlintasan dan daerah rawan bencana,'' katanya.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa KA, Supriyanto juga menyatakan, selama masa angkutan Lebaran, PT KAI akan menggelar program pembagian takjil gratis kepada penumpang di stasiun-stasiun besar dan buka sahur gratis kepada seluruh penumpang KA, kecuali KA Lokal.

''Kegiatan ini akan berlangsung selama 10 hari menjelang lebaran,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement