Kamis 25 Apr 2019 01:00 WIB

BRI Siapkan Rp 1 Triliun untuk Akuisisi Perusahaan Asuransi

BRI merencanakan akuisisi ini akan selesai akhir semester I 2019.

Rep: Novita Intan/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas menghitung mata uang dollar Amerika, di Kantor Bank BRI, Jakarta, Kamis (3/7).
Foto: dokrep
Petugas menghitung mata uang dollar Amerika, di Kantor Bank BRI, Jakarta, Kamis (3/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) menyiapkan dana untuk mengakuisisi perusahaan asuransi umum. Dalam aksi korporasi ini, emiten berkode sama BBRI menganggarkan dana Rp 1 triliun.

Direktur Utama BRI Suprajarto mengatakan perseroan akan mengincar mayoritas saham sebesar 90 persen. Dalam rencana akuisisi ini akan selesai akhir semester I 2019.

Baca Juga

"Nanti segera kita akan due dilligence (uji tuntas), akhir semester I 2019 bisa selesai," ujarnya usai acara ‘Paparan Kinerja BRI Triwulan I 2019 di Gedung BRI Pusat, Rabu (24/4).

Sebelumnya, BRI telah melakukan aksi korporasi serupa terhadap tiga perusahaan yakni  PT BRI Ventura Investama, PT Danareksa Sekuritas, dan PT Danareksa Investment Management.

Dalam keterangan resmi di Bursa, akhir Desember lalu, BRI telah mengempit 68 persen saham di Danareksa Sekuritas, dan 35 persen Danareksa Investment Management. Sementara 97,61 persen saham BRI Ventura Investama sebelumnya juga diborong BRI.

Ke depan sebagai bank yang memiliki aset terbesar di Indonesia, berambisi memiliki anak usaha di seluruh sektor industri jasa keuangan. Sektor asuransi umum merupakan sektor keuangan yang belum dimiliki BRI hingga saat ini.

Saat ini, aset konsolidasi BRI sudah terkumpul Rp1.279 triliun dengan pertumbuhan 14,35 persen secara tahunan (yoy). Sedangkan, kecukupan modal inti (Capital Adequacy Ratio atau CAR) BRI saat ini sebesar 21,9 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement