Selasa 16 Apr 2019 01:41 WIB

JK: Perkembangan Industri Kita 5 Persen Per Tahun

Kalla mengklaim, industri menyumbang 21 persen untuk PDB.

Red: EH Ismail
Wapres Jusuf Kalla
Wapres Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla membantah pernyataan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto tentang deindustrialisasi. JK menyatakan industri di negeri ini terus berkembang. Angkanya sekitar lima persen per tahun.

"Saya sudah jelaskan, bahwa tidak benar itu terjadi deindustrialisasi, karena perkembangan industri kita 5 persen per tahun. Berkembang, tidak ada yang berkurang. Cuma pernah akibat harga-harga komoditi naik maka pertambangan, pertanian naik," ujar Kalla saat ditemui Indonesa Convention Exhibition BSD, Tangerang Selatan, Senin (15/4).

Kalla mengklaim, industri menyumbang 21 persen untuk Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada 2014-2017. Karena itu, Kalla mengatakan, Industri merupakan penyumbang terbesar dalam struktur PDB Indonesia. 

“Industri seperti disampaikan tadi oleh Saudara Menteri Perindustrian, tetap menjadi sektor tertinggi dalam GDP kita, PDB kita. Yang pada tahun 2014-2017 kurang lebih rata-ratanya 21,30 persen," tutur Kalla. 

Artinya adalah, industri tetap yang tertinggi. Dia merupakan sektor tertinggi dalam pendapatan nasional. Karena itulah maka industri tetap berkembang dan tak akan terjadi deindustrialisasi.

Sebelumnya Prabowo sempat menyatakan Indonesia tengah mengalami deindustrialisasi saat debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4).

Prabowo mengklaim saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami deindustrialisasi. "Kalau negara lain industrialisasi, kita deindustrialisasi. Sekarang bangsa Indonesia tidak produksi apa-apa," ujar Prabowo.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement