Jumat 05 Apr 2019 08:31 WIB

Jalur Ganda KA Cigombong-Cicurug Selesai Akhir 2019

Jalur ganda ini bisa meningkatkan kapasitas angkut penumpang KA Sukabumi

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Stasiun Kereta Api Kota Sukabumi, Jawa Barat.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Stasiun Kereta Api Kota Sukabumi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan jalur ganda kereta api (KA) Cigombong-Cicurug selesai pada akhir 2019. Dia mengharapkan jalur KA tersebut dapat memberikan kemudahan mobilitas bagi masayarakat Sukabumi.

"Kami pastikan bahwa tahun ini proyek jalur ganda ini (Cigombong-Cicurug) selesai pada November 2019," kata Budi usai meninjau progres pembangunan jalur ganda tersebut, Kamis (4/4).

Baca Juga

Dia mengatakan dengan dibangunnya jalur ganda tersebut maka kapasitas angkut penumpang kereta api dari dan menuju Sukabumi dapat meningkat. Terlebih, kata dia,  Kemenhub sudah menghibahkan lokomotif kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero).

Budi menambahkan dengan melakukan revitalisasi jalan dan jalur ganda sebanyak 7,5 kilometer maka kereta api yang saat ini enam gerbong bisa menjadi delapan sampai sembilan gerbong. "Artinya kapasitasnya akan dinaikkan dua kali lipat jadi baik penumpang maupun barang bisa naik tiga kali lipat," ujar Budi.

Budi juga mengapresiasi seorang warga setempat yakni Fauzi Suparman yang menghibahkan tanah miliknya untuk mendukung proyek jalur ganda tersebut. Sebab menurut Budi baru kali ini tanah dari rakyat dihibahkan untuk pemerintah.

Dia memastikan tanah hibah dari warga tersebut nantinya akan digunakan sebagai akses jalan bagi warga masyarakat sekitar lokasi proyek pembangunan jalur ganda. "Ditargetkan akses jalan ini akan selesai pada Oktober tahun ini," ujar Budi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement