Senin 25 Feb 2019 17:52 WIB

KAI Cirebon Operasikan 4 Kereta Tambahan Lebaran 2019

Penjualan tiket kereta untuk mudik Lebaran 2019 dilakukan mulai Senin ini.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Nur Aini
 Penjualan Tiket Kereta Lebaran. Calon penumpang memesan tiket kereta tujuan luar kota pada mesin tiket di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (25/2/2019).
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Penjualan Tiket Kereta Lebaran. Calon penumpang memesan tiket kereta tujuan luar kota pada mesin tiket di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (25/2/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON  -- PT KAI mulai melakukan penjualan tiket kereta api (KA) Lebaran pada Senin (25/2) pukul 00.00 WIB. Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon pun telah menyiapkan KA tambahan untuk melengkapi KA reguler.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Kuswardoyo, menjelaskan, pemesanan tiket KA dapat dilakukan di website kai.id dan KAI Access. Sedangkan untuk channel eksternal, menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing mitra penjualan tiket KAI.

Baca Juga

‘’Untuk melayani masyarakat dan mengakomodasi tingginya permintaan masyarakat pada masa angkutan Lebaran 2019, PT KAI Daop 3 Cirebon menjalankan empat KA tambahan di samping 94 perjalanan KA Reguler yang beroperasi melintasi wilayah Daop 3 Cirebon,’’ ujar Kuswardoyo, Senin (25/2).

Adapun empat KA tambahan Lebaran 2019 yang akan  dioperasikan oleh PT KAI Daop 3 Cirebon adalah KA Argojati fakultatif relasi Stasiun Gambir – Stasiun Cirebon, KA Argojati tambahan relasi Stasiun Gambir – Stasiun Cirebon, KA Cirebon Ekspres fakultatif relasi Stasiun Gambir – Stasiun Cirebon dan KA Senja Cirebon fakultatif relasi Stasiun Pasar Senen – Stasiun Cirebon.

Berdasarkan kalender nasional, hari raya Idul Fitri di tahun ini akan jatuh pada 5-6 Juni 2019. Dengan memperhatikan hari libur nasional dan cuti bersama yang telah ditetapkan oleh pemerintah, KAI memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada Rabu, 29 Mei 2019 (H-7) dan puncak arus balik diperkirakan pada Ahad, 9 Juni 2019 (H+3). 

Kuswardoyo mengatakan, KAI meminta agar masyarakat dapat merencanakan perjalanannya jauh-jauh hari. Hal itu untuk mendapatkan kepastian tiket perjalanan mudik dan balik Lebaran 2019.

Selain itu, bagi penumpang yang telah mendapatkan kode bayar agar segera melakukan pembayaran dalam waktu 60 menit. Jika tidak, maka tiket yang dipesan akan terjual kembali.

‘’KAI juga mewanti-wanti kepada masyarakat agar membeli tiket Lebaran di channel resmi atau melalui mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar,’’ kata Kuswardoyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement