Kamis 21 Feb 2019 00:05 WIB

Harga BBM Turun, Luhut: Ini Bukan Politis atau Pencitraan

Penurunan BBM terjadi lantaran turunnya harga minyak dunia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan
Foto: Republika/Edi Yusuf
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan membantah penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi sebagai pencitraan. Kebijakan itu juga bukan untuk kepentingan politis.

"Saya ingin garis bawahi, penurunan harga BBM itu bukan politis, pencitraan di sana sini, sama sekali tidak," katanya dalam kegiatan 'Afternoon Tea' bersama wartawan di Jakarta, Rabu (20/2).

Baca Juga

Menurut Luhut, penurunan harga BBM dilakukan lantaran harga minyak dunia mengalami penurunan.  "Karena harga crude oil (minyak mentah dunia) turun, kenapa tidak kita turunkan juga harga (BBM) ini?" katanya menambahkan

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) menurunkan harga BBM nonsubsidi mulai 10 Februari 2019 pukul 00.00 waktu setempat. Kebijakan ini ditempuh menyusul tren penurunan harga minyak mentah dunia dan penguatan rupiah terhadap dolar AS.

Penurunan harga berlaku pada BBM nonsubsidi jenis Pertamax Turbo,Pertamax, Dexlite, dan Dex. Besaran penurunan harga BBM tersebut bervariasi dari Rp50 sampai Rp800 per liter.

Lalu, per 16 Februari 2016, Pertamina kembali menurunkan harga jual Avtur. Untuk harga Avtur di Bandara Soekarno Hatta, Banten, turun dari Rp8.210 menjadi Rp7.960 per liter. Meski disambut baik masyarakat, sebagian kalangan menilai penurunan harga BBM terkait Pilpres 2019

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement