Rabu 26 Dec 2018 20:31 WIB

BRI Syariah Salurkan Bantuan Tsunami Selat Sunda

Saat ini warga korban tsunami Selat Sunda masih trauma.

Red: EH Ismail
Penyerahan bantuan kemanusiaan BRI Syariah kepada korban tsunami Selat Sunda.
Foto: Humas BRI Syariah
Penyerahan bantuan kemanusiaan BRI Syariah kepada korban tsunami Selat Sunda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Bank BRI Syariah Tbk melalui corporate social responsibility (CSR) bergerak cepat menyalurkan bantuan kepada korban tsunami di wilayah Selat Sunda. Bantuan disalurkan melalui perwakilan Kantor Cabang BRI Syariah Cilegon dan Bandar Lampung mulai Senin (24/12).

Bantuan diberikan langsung kepada masyarakat Banten dan Lampung yang menjadi korban bencana alam tsunami setinggi empat meter tersebut. Mereka adalah warga Desa Tembong, Kampung Tembol Kecamatan Carita, Pandeglang, Banten, Desa Tarogong, Kampung Badur, Kampung Palumpang Kecamatan Labuan, Serang, Banten dan Desa Way Muli Kecamatan Raja Basa Kabupaten Lampung Selatan. Bantuan-bantuan yang telah disalurkan BRI Syariah berupa peralatan sholat, obat-obatan atau P3K, makanan siap saji, air minum, tenaga medis, selimut, sampai dengan kebutuhan wanita yang dibuat dalam bentuk paket survival kits.

“Kami terus berkoordinasi dengan Pimpinan Cabang BRI Syariah Cilegon dan Lampung. Cabang kami di sana sigap merespons dan turut membantu,” kata Sekretaris Perusahaan BRI Syariah Indriati Tri Handayani melalui rilis yang diterima Republika.co.id.

Indriati melanjutkan, menurut laporan dari kantor cabang, saat ini warga korban tsunami Selat Sunda masih trauma untuk kembali ke rumah mereka walaupun kondisi air laut sudah surut. “Warga memilih untuk mengungsi sementara ke daerah yang lebih aman.”

Mengenai bantuan kemanusiaan BRI Syariah, kata Indriati, total bantuan awal yang telah disalurkan hingga Rabu (26/12) mencapai Rp 100 juta. Bantuan tersebut juga berasal dari lembaga zakat yang telah bekerja sama dengan BRI Syariah, yaitu YBM BRI dan Baznas.

Selain Baznas dan YBM BRI, BRI Syariah juga membuka donasi bagi masyarakat untuk membantu para korban tsunami Banten dan Lampung melalui rekening infak sedekah BRI Syariah 1003987716. Nominal bantuan diakhiri dengan kode unik 422.

“Informasi ini terus kami gaungkan melalui media sosial BRI Syariah dan juga jaringan grup Whatsapp internal kami. Jumlah bantuan pun akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya donasi masyarakat yang turut berpartisipasi dalam penyaluran bantuan tersebut,” kata Indriati.

Indriati mengatakan, bantuan masyarakat yang masuk ke rekening infak sedekah BRI Syariah akan disalurkan dalam bentuk dana tunai dan logistik, menyesuaikan kebutuhan korban bencana. Koordinasi terus dilakukan dengan kantor cabang terdekat, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan di Banten serta Lampung untuk mengetahui secara pasti kebutuhan para korban bencana tsunami di sana.

Hingga saat ini, proses evakuasi masih terus dilakukan. Dengan keberadaan kondisi tersebut, BRI Syariah terus memantau kondisi di lokasi kejadian dan menggulirkan bantuan kembali secara bertahap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement