Jumat 14 Dec 2018 16:57 WIB

BJB Bantu Sarana Prasarana di Keraton Kasepuhan

Keraton merupakan aset heritage yang tak ternilai bagi masyarakat Kota Cirebon.

Rep: Lilis Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih
Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon.
Foto: Dokpri Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadiningrat
Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Bank Jabar Banten (BJB) mengucurkan dana corporate social responsibility (CSR) untuk membantu pengadaan sarana dan prasarana di Keraton Kasepuhan Cirebon. Penyerahan dana CSR senilai Rp 150 juta itu dilakukan di Bangsal Pringgadani Keraton Kasepuhan Kota Cirebon, Jumat (14/12). Kegiatan itu juga dihadiri Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati.

 

Pimpinan Cabang BJB Cabang Cirebon, Budi Jamaludin mengatakan, pemberian dana CSR itu bertujuan untuk mendukung dan membantu melestarikan warisan budaya di daerah.

 

 

‘’Semoga pemberian dana CSR ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk merawat warisan budaya. Dan saya percaya Keraton Kasepuhan selalu menjaga warisan budaya dengan baik,’’ ujar Budi.

 

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, mengungkapkan, keraton merupakan aset heritage yang tak ternilai bagi Pemkot dan masyarakat Kota Cirebon. Dia menyatakan, keberadaan keraton pun menjadi kebanggaan tersendiri dan akan terus menjadi destinasi wisata.

 

‘’Keraton sudah terbukti menjadi jantung kegiatan masyarakat Cirebon,’’ kata Eti.

 

Sementara itu, Sultan Keraton Kasepuhan, Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat, menyatakan, Keraton Kasepuhan terus melakukan perubahan untuk melestarikan dan menjaga nilai-nilai budaya. Menurutnya, hal itu di antaranya dilakukan dengan memperbaiki berbagai benda atau bangunan tanpa mengurangi nilai sejarahnya.

 

Sultan Sepuh menambahkan, kunjungan wisatawan ke Keraton Kasepuhan selama ini terus mengalami peningkatan. Dia menyebutkan, setiap hari, jumlah wisatawan yang datang rata-rata mencapai 2.000 orang. Sedangkan pada akhir pekan, meningkat menjadi sekitar 3.000 orang per hari.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement