Jumat 16 Nov 2018 11:35 WIB

Pelindo III Adakan Magang Bersertifikat untuk Milenial

Pelindo III mengajak generasi milenial ikut berkontribusi dalam bisnis perusahaan.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Gita Amanda
Pelindo III
Pelindo III

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pelindo III mengajak generasi milenial untuk ikut berkontribusi dalam bisnis usaha perusahaan, lewat sebuah kegiatan bertajuk “Program Magang Mahasiswa Bersertifikat”. Mereka berasal dari mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta yang akan belajar dan menimba ilmu selama enam bulan.

Direktur SDM Pelindo III Toto Heli Yanto menyebut program magang bersertifikat merupakan implementasi bagi pengelola dan praktisi Manajemen Human Capital di lingkungan BUMN untuk meningkatkan kompetensi anak bangsa agar tercipta SDM unggul. “Ke depannya nanti diharapkan pendidikan di PTN/S dapat selaras dengan kebutuhan kompetesi di BUMN,” ujar Toto melalui siaran persnya, Jumat (16/11).

Toto menjelaskan, sedikitnya ada 38 mahasiswa terbaik yang terpilih dari beberapa universitas untuk mengikuti program tersebut. Mereka antara lain berasal dari Universitas Airlangga, PENS, ITS, Poltekkes, UIN Sunan Ampel, PPNS dan STIAMAK (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhanan) Barunawati.

Adapun programnya meliputi berbagai aktivitas Pelayanan Jasa Kepelabuhanan, Sistem Teknologi Informasi, Keuangan, Teknik, Sumber Daya Manusia, Komersial, Publik Relations, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Risk Manajemen, Lingkungan Hidup, hingga Administrasi Perkantoran.

Toto berharap, melalui prohram ini dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang unggul, dan memiliki daya saing tinggi. Sehingga dapat membangun bangsa dan negara dalam menghadapi ketatnya persaingan global.

"Tujuannya tak lain adalah menghadirkan sinergi melalui BUMN Hadir Untuk Negeri, menciptakan SDM yang berjiwa entrepreneur sesuai dengan kebutuhan industri,” kata Toto.

VP Corporate Communication Pelindo III R. Suryo Khasabu menjelaskan, para pemagang diberikan kesempatan untuk menyalurkan potensi yang dimilikinya serta menggali pengalaman yang berharga di lingkungan BUMN. Dengan adanya program ini, mahasiswa diharap bisa mengetahui dan memahami dunia kerja sekaligus sebagai wadah bagi para praktisi untuk transfer knowledge kepada para mahasiswa calon tenaga profesional muda.

Dalam program ini, lanjut Suryo, pemagang tersebut akan dibagi beberapa kelompok pemagangan. Mereka akan disebar di beberapa wilayah kerja kepelabuhanan Pelindo III, khususnya di Wilayah Regional Jawa Timur.

“Dalam proses pemagangan, peserta akan mendapatkan bimbingan dari mentor serta monitoring dan evaluasi secara berkala. Setelah magang enam bulan peserta nantinya akan memperoleh sertifikat industri dari Pelindo III,” kata Suryo.

Pelindo III mengusung konsep "Praja Abdi Karya" untuk pelaksanaan program pemagangan bersertifikat tersebut. Harapannya para pemagang bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang menjadi sinar untuk generasi millenial agar selalu membangun negeri yang berpegangan teguh atas Customer Focus, Care, dan Integrity, sesuai budaya perusahaan yang telah diterapkan Pelindo III.

Salah satu peserta program magang bersertifikat Dwi Kurnia Rahma Putri Asih dari STIAMAK Barunawati mengaku senang mengikuti program magang ini. Dia merasa diberikan kesempatan untuk mengenal lebih jauh tentang dunia kepelabuhanan.

“Saya berharap selain mendapatkan sertifikat untuk melamar pekerjaan, nantinya juga dapat bekerja di anak cucu perusahaan Pelindo III,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement