Ahad 07 Oct 2018 19:15 WIB

Menkeu dan Gubernur Bank Sentral Dunia Mulai Tiba di Bali

Pertemuan yang menjadi agenda acara pendamping sudah akan digelar pada 8 Oktober.

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Ratna Puspita
Peter Jacobs
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Peter Jacobs

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA -- Kepala Unit Kerja Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 Peter Jacobs mengatakan, sejumlah menteri keuangan dan gubernur bank sentral dunia mulai berdatangan ke Bali. Dia mengatakan, seluruh pejabat dunia anggota IMF dan Bank Dunia akan terus berdatangan terutama menjelang puncak acara pertemuan tahunan tersebut.

"Gubernur bank sentral dan menkeu seperti Sudan Selatan, Uganda, Mauritania, Burundi, Bahamas, Islandia, dan Montenegro sudah mulai datang," kata Peter di Nusa Dua, Bali pada Ahad (7/10).

Dia mengatakan, sejumlah pertemuan yang menjadi agenda acara pendamping sudah akan digelar pada 8 Oktober. Akan tetapi, pertemuan tahunan baru akan mencapai puncaknya pada Jumat (12/10). Pada hari itu, akan digelar sesi plenary yang dihadiri seluruh menteri keuangan dan gubernur bank sentral dunia. 

Terkait persiapan, Peter mengatakan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman sekaligus Ketua Panitia Nasional Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia Luhut Binsar Panjaitan sudah melakukan inspeksi pada seluruh lokasi acara. Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde beserta pejabat tinggi IMF lainnya juga ikut memantau persiapan Indonesia. 

Peter mengatakan, pihak IMF mengapresiasi persiapan Indonesia dan menyebutnya sebagai yang terbaik dalam penyelenggaran pertemuan tahunan di luar Amerika Serikat. "Kalau dibandingkan yang di Washington DC ini jelas lebih besar. Tapi di luar Washington ini yang paling besar. Mereka amazed dengan pertemuan ini," kata Peter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement