Kamis 27 Sep 2018 21:24 WIB

Smesco Sertakan 14 UKM Binaan Dalam Kriyanusa 2018

Kriyanusa adalah event nasional yang selalu digelar Dekranas tiap tahunnya

Direktur Utama LLP-KUKM, Emilia Suhaimi (kiri) dalam Rapat Kerja Nasional Dewan Kerajinan Nasional 2018
Foto: Kementerian Koperasi dan UKM
Direktur Utama LLP-KUKM, Emilia Suhaimi (kiri) dalam Rapat Kerja Nasional Dewan Kerajinan Nasional 2018

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta - Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM), atau Smesco Indonesia ikut berpartisipasi dalam Pameran Kriyanusa 2018. Pameran yang digelar oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) itu dilaksanakan selama 4 hari dimulai 26-30 September 2018, bertempat di JCC, Senayan Jakarta.

“Inti pesannya kita ingin membantu UKM Mitra ikut partisipasi di acara pameran prestisius terpilih baik secara nasional maupun international sebagai wujud tugas kita dalam layanan pemasaran UKM."  kata Direktur Utama LLP-KUKM, Emilia Suhaimi dalam rilis yang diterima Republika.co.id, di Jakarta, Kamis (27/9).

Sebelum ikut dalam Pameran Kriyanusa 2018 smesco Indonesia melakukan kurasi dan seleksi sehingga terpilih sebanyak 14 UKM mitra binaan terdiri dari katagori fashion, handycraft, shoes, aksesoris dan house hold. Selanjutnya kurator Samuel Watimenna memberikan pembekalan pada para ukm terpilih tersebut mengenai warna, trend, strategi desain, dan berbagai hal lainnya.

“Ini sebuah kesempatan bagi UKM binaan untuk memperkenalkan produk mereka kepada pasar. Tentunya harapan kami bisa memberikan nilai tambah bagi mereka,” ujar Emilia.

Event ini adalah salah satu event bertaraf nasional yang rutin digelar setiap tahun oleh Dekranas yang bertujuan mengajak para designer untuk dapat bekerja sama dengan pengrajin daerah guna mengedukasi pengrajin daerah, serta memperkenalkan hasil kerajinan daerah ke masyarakat yang lebih luas. 

Pameran Kriyanusa 2018 yang diadakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Dekranas ke-39 itu mengambil tema “Tingkatkan Sinergitas Dan Kreatifitas Wirausaha Milenial” sekaligus mengusung ikon daerah Nusantara dari Aceh berupa motif Pucuk Rebung sebagai dasar desain publikasi.

Total 329 stan peserta ikut berpartisipasi, berasal dari kementerian, BUMN, Dekranas, Dekranasda dan para mitra, asosiasi, maupun pengrajin individu. Banyaknya stan yang berpartisipasi membuat produk kerajinan sangat beragam dan berkualitas karena melibatkan perajin terpilih dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia setelah diseleksi Dekranasda setempat.

KriyaNusa 2018 juga akan menggelar pergelaran busana menyertakan para desainer bekerja sama dengan perajin daerah. Daerah yang bekerja sama dengan para desainer ialah Sintang, Sabu, Cual, Donggala, Tuban, dan Ulap Doyo. Desainer-desainer tersebut antara lain Carmanita, Naniek Rahmat, Ghea Panggabean, Oscar Lawalata, dan Didit Maulana.

Masyarakat Jakarta dan sekitarnya bisa menjadikan pameran ini sebagai salah satu pilihan tempat untuk mencari produk yang diinginkan. Lokasi pamaren dibuat semenarik mungkin dilengkapi dengan stan kuliner, panggung musik, display pengembangan 6 tenun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement