REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) (BRI) kembali dipercaya oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam penyediaan layanan perbankan di lingkungan BKN. Layanan tersebut, antara lain, pembayaran gaji pegawai, tunjangan pegawai, dan transaksi perbankan lainnya serta fasilitas BRI Corporate Card.
Penandatanganan dilakukan oleh Sekretaris Utama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Usman Gumanti dan Direktur Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto. Turut disaksikan juga oleh para pejabat dari masing-masing pihak di Jakarta, Rabu (15/8) lalu.
Ruang lingkup perjanjian kerja sama meliputi layanan pembayaran gaji pegawai dan tunjangan pegawai sesuai dengan ketentuan Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN), serta transaksi perbankan lainnya serta Fasilitas BRI Corporate Card. Selain itu, kerja sama juga mencakup pemberian fasilitas Bank BRI lainnya, di antaranya pemberian fasilitas kredit BRIGuna (kredit kepada pegawai berpenghasilan tetap), kredit konsumer (KPR, KKB, dan kartu kredit) kepada seluruh pegawai BKN sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.
Tidak hanya kepada seluruh pegawai di Lingkungan BKN, Bank BRI juga memberikan fasilitas untuk rekanan dan mitra di lingkungan BK. Berupa fasilitas Kredit Modal Kerja, Kredit Investasi, dan Bank Garansi.
Penerbitan fasilitas Corporate Card merupakan tindak lanjut dari Keputusan Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu RI pada tanggal 29 September 2017 Nomor Kep: 494/PB/2017 mengenai Pelaksanaan Uji Coba Pembayaran dengan Kartu Kredit dalam Rangka Penggunaan Uang Persediaan. BRI Corporate Card merupakan produk dari Kartu Kredit Bank BRI yang diperuntukkan bagi satuan kerja kementerian dan lembaga negara maupun institusi yang berfungsi sebagai alat pembayaran dan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan satuan kerja.
Kebutuhan ini, di antaranya untuk pembelian tiket pesawat perjalanan dinas, belanja barang operasional dan persediaan, belanja sewa, belanja pemeliharaan operasional serta non-operasional. Kartu ini mempunyai keunggulan, yaitu dedicated corporate team, smart data online untuk memudahkan pengawasan transaksi secara online, gratis executive lounge di Bandara di Indonesia, penyesuaian besaran limit kartu sesuai kebutuhan, penyajian data tagihan dalam bentuk grup atau individual, serta penerapan data sesuai good corporate governance (GCG).
Bank BRI siap memfasilitasi seluruh Kementerian dan Lembaga Negara dalam penyediaan Kartu Kredit BRI Corporate Card bagi seluruh satuan kerja (satker). Dengan didukung 329.654 e-channel dan 10.646 unit kerja yang terbesar dan tersebar di seluruh wilayah Tanah Air, Bank BRI berupaya untuk memberikan layanan yang optimal bagi masyarakat.
Dari sisi Bank BRI, kerja sama ini merupakan hal yang membanggakan dan sangat strategis mengingat BKN merupakan Lembaga pemerintahan nonkementerian Republik Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan dibidang manajemen kepegawaian negara yang salah satu tugas dan fungsinya adalah menyelenggarakan tata usaha kepegawaian dan tata usaha pensiun pada departemen-departemen dan lembaga-lembaga negara atau embaga-lembaga pemerintah nondepartemen.
Dengan demikian, BKN tentunya membutuhkan mitra perbankan strategis seperti Bank BRI yang merupakan Bank dengan jaringan kerja terbesar dan tersebar di Indonesia. Diharapkan keduanya dapat bersinergi dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pegawai yang tersebar di seluruh Indonesia.