Ahad 06 May 2018 20:20 WIB

Jababeka Residence Rangkul Komunitas Melalui Car Free Day

Jababeka Car Free Day lahir atas inisiatif pengembang dan pemerintah daerah

Jababeka menggelar acara Fun Bike di Jababeka Car Free Day bertepatan dengan Jababeka Eco Week 2018.
Foto: Jababeka
Jababeka menggelar acara Fun Bike di Jababeka Car Free Day bertepatan dengan Jababeka Eco Week 2018.

REPUBLIKA.CO.ID,CIKARANG -- Jababeka menggelar acara Fun Bike di Jababeka Car Free Day bertepatan dengan Jababeka Eco Week 2018. Lebih dari 3.000 peserta ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang dipusatkan di pelataran pusat kuliner Hollywood Junction ini.

Fun bike digelar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan kendaraan bermotor yang dapat memengaruhi kualitas lingkungan hidup. Presiden Direktur Jababeka Residence, Sutedja S Darmono mengatakan Car Free Day membawa banyak hal positif bagi kawasan Jababeka yang kini populasinya mencapai 1,2 juta jiwa.

Masyarakat dari segala tingkat usia datang untuk berjalan kaki, bersepeda, jogging, senam, bermain futsal dan lainnya. Masyarakat yang ada di Jababeka dan sekitarnya dapat membiasakan gaya hidup sehat di keluarganya sejak dini. "Car Free Day juga dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengekspresikan diri," ujar dia dalam keterangan tertulisnya.

Car Free Day di kawasan Jababeka Residence dimulai sejak 2015 dengan lokasi di Jalan H Usmar Ismail sampai Jalan Ki Hajar Dewantara. Jababeka Car Free Day merupakan kegiatan Car Free Day pertama di Timur Jakarta yang diadakan atas kolaborasi developer dan pemerintah daerah sebagai program sosial yang melibatkan warga.

Adapun Jababeka Eco Week merupakan kegiatan tahunan Jababeka sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian lingkungan.

Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kharliansyah mengatakan

Jababeka telah menjadi kawasan yang terintegrasi, termasuk dalam hal pengelolaan lingkungan.

Atas sistem pengelolaan lingkungan yang baik, efisiensi dalam penggunaan energi dan footprint gas rumah kaca yang terkendali, Kemen LHK memberikan penghargaan Proper Hijau kepada Jababeka pada 2017. "Kami menyambut positif acara seperti ini karena dapat mensosialisasikan aktivitas ramah lingkungan di masyarakat seperti bersepeda," kata dia.

Sutedja menambahkan komunitas yang ada di Jababeka tumbuh seiring dengan pengembangan kawasan yang dilakukan pengembang dalam beberapa tahun terakhir. Fasilitas-fasilitas yang dimiliki Jababeka dapat membantu komunitas-komunitas untuk mencapai potensinya secara maksimal.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah fasilitas dibangun seperti Jababeka Golf & Country Club, President University, Jababeka Convention Center, dan Hollywood Junction. Keberadaan fasilitas itu telah melahirkan beragam komunitas lokal dan internasional, misalnya Jababeka Runners, Klub Fotografi Jababeka, Urban Cikarang, hingga Cikarang Japan Club.

"Komunitas dari luar kawasan Cikarang pun turut memanfaatkan fasilitas kawasan Jababeka untuk program-program komunitasnya, misalnya Pesona Budaya dari Abang Mpok Kabupaten Bekasi dan Stand Up Comedy Bekasi," kata Sutedja memaparkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement