Senin 30 Apr 2018 15:20 WIB

Tol BORR Siap Dioperasikan Pertengahan 2018

Jalan Tol BORR Seksi IIB dibangun sepanjang 2,65 kilometer.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Teguh Firmansyah
Foto udara pembangunan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIB di Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/2).
Foto: ANTARAFOTO
Foto udara pembangunan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIB di Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak Perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk yaitu PT Marga Sarana Jabar (MSJ) rencananya akan mengoperasikan Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIB pada pertengahan tahun ini. Tol BORR Seksi II melintas dari Kedung Badak-Simpang Yasmin.

Direktur Utama MSJ Hendro Atmodjo mengatakan saat ini tengah menunggu turunnya surat laik operasi yang dikaji Kementerian Pekekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). "Rencananya, Jalan Tol BORR Seksi IIB sepanjang 2,65 kilometer itu akan resmi dioperasikan pada triwulan II tahun 2018," kata Hendro, Senin (30/4).

Dia menjelaskan, surat keputusan tersebut akan dikeluarkan oleh Kementerian PUPR menyusul rampungnya pembangunan konstruksi dan pembebasan lahan proyek Jalan Tol BORR Seksi IIB. Dari segi pembebasan lahan, kata dia, MSJ sudah merampungkan 100 persen kebutuhan lahan.

Sementara itu, untuk segi pembangunan konstruksi, Hendro mengatakan saat ini prosesnya juga sudah selesai 100 persen. "Kini sedang dalam proses serah terima pekerjaan atau Provisional Hand Over (PHO)," ujar Hendro.

Sebagai kelengkapan sertifikasi laik fungsi, lanjut Hendro, sudah dilakukan uji beban maksimum yang dilakukan oleh Komite Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan pada awal Maret 2018.

 

Dia menjelaskan, pengecekan tersebut dilakukan untuk memastikan kekuatan konstruksi, kelayakan fungsi konstruksi elevated, serta memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa jalan layang ini laik fungsi saat beroperasi.

Selain melakukan ujicoba beban maksimum, dia memastikan MSJ juga melakukan uji kelaikan dari sisi pengaspalan, perambuan, marka, PJU, kelengkapan CCTV, serta uji kekesatan dan kerataan jalan. Dengan begitu, ia memastikan Tol BORR Seksi IIB sudah memenuhi seluruh persyaratan untuk mendapatkan surat laik operasi.

"Dengan segera beroperasinya jalan Tol Bogor Ring Road Seksi IIB, Kedung Badak-Simpang Yasmin, dapat membantu Pemerintah Kota Bogor menyelesaikan kepadatan di Jalan Soleh Iskandar, mempercepat waktu tempuh serta mengembangkan sentra bisnis baru di Bogor Barat," ungkap Hendro.

Secara keseluruhan, Jalan Tol BORR dibagi menjadi empat yaitu Seksi I Ruas Sentul Selatan-Kedung Halang (3,85 kilometer) telah beroperasi sejak Nobember 2009, Seksi IIA Ruas Kedung Halang-Kedung Badak (1,95 kilometer) telah beroperasi sejak Mei 2014, Seksi IIB Ruas Kedung Badak-Simpang Yasmin (2,65 kilometer), dan Seksi III meliputi Ruas Simpang Yasmin-Dramaga (3,20 kilometer).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement