Selasa 06 Feb 2018 20:58 WIB

Konsumsi Mendominasi, Pemerintah Diminta Genjot Ekspor

Struktur perekonomian Indonesia pada 2017 didominasi oleh konsumsi rumah tangga.

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Nidia Zuraya
Kapal Kargo pengangkut kontainer komiditi ekspor (ilustrasi)
Foto: sustainabilityninja.com
Kapal Kargo pengangkut kontainer komiditi ekspor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Fithra Faisal menilai, pemerintah perlu lebih mendistribusikan komponen pembentuk struktur perekonomian Indonesia. Menurutnya, saat ini, perekonomian Indonesia masih sangat bergantung pada konsumsi rumah tangga.

Seperti diketahui, struktur perekonomian Indonesia pada 2017 menurut pengeluaran didominasi oleh konsumsi rumah tangga sebesar 56,13 persen, lalu diikuti investasi 32,16 persen, dan ekspor 20,37 persen.

"Kita sangat tergantung pada konsumsi rumah tangga. Ke depan, kita perlu mendistribusi ke variabel lain," ujar Fithra ketika dihubungi Republika, Selasa (6/2).

Ia mengatakan, komponen ekspor justru bisa tumbuh tinggi dengan capaian pertumbuhan kumulatif pada 2017 sebesar 9,09 persen. Capaian itu tertinggi dibandingkan komponen lainnya dalam perekonomian.

"Ini pelajaran pemerintah perlu lebih ekspansif, jangan mengganggu konsumsi, dan terus genjot ekspor," ujar Fithra.

Ia mengaku, salah satu kunci untuk meningkatkan kinerja ekspor adalah dengan memperbaiki sektor industri manufaktur. Meski begitu, ia mengatakan,industrialisasi membutuhkan waktu relatif panjang.

"Jangka pendeknya kita bisa mencari mitra dagang nontradisional sehingga bisa meningkatkan capaian ekspor kita," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement