Senin 05 Feb 2018 13:10 WIB

Pemuda Ini jadi Miliarder Berkat Mata Uang Virtual

Ia menginvestasikan 34 ribu dolar AS dalam mata uang virtual seperti Bitcoin.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya
Kingsley Advani.
Foto: linkedin.com
Kingsley Advani.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pada musim panas 2017, Kingsley Advani yang berusia 24 tahun menjual barang-barang miliknya, seperti sebuah laptop dan headphone, dan mengosongkan ribuan dolar AS dari rekening banknya. Ia kemudian menginvestasikan 34 ribu dolar AS dalam mata uang virtual seperti Bitcoin dan startups yang mengerjakan teknologi terkait.

Pada usia ketika banyak orang mencoba untuk menaiki tangga karir, Advani bekerja sebagai penasihat startup mata uang virtual dengan gaji 0 dolar AS. Dia melakukan perjalanan antara London, New York, dan San Francisco, melakukan pertemuan dan memulai usaha yang mengerjakan teknologi blockchain hebat berikutnya.

"Saya pikir tidak ada dalam sejarah manusia memiliki orang berusia dua puluhan memiliki kesempatan untuk berinvestasi pada aset pertumbuhan tinggi tersebut," kata Advani dilansir Business Insider, Senin (5/2).

Dibuat pada tahun 2008, Bitcoin adalah sistem pembayaran yang memungkinkan orang membeli barang dan mengirim uang dengan anonimitas. Tidak ada bank atau tengkulak. Transaksi dicatat pada buku besar digital yang disebut blockchain, yang menyimpan informasi dengan transparansi penuh. Itu adalah blockchain yang pertama kali membangkitkan semangat Advani tentang mata uang virtual.

Pada tahun 2012, seorang teman memperkenalkan Advani kepada Bitcoin, yang pada saat itu banyak digunakan untuk membeli dan menjual obat-obatan terlarang secara online. Advani melihat potensi penuh teknologinya. "Ini seperti pemberontakan terhadap keuangan tradisional," kata Advani.

Dia percaya penciptaannya di tahun 2008 - pada puncak krisis keuangan terburuk sejak Great Depression - bukanlah suatu kebetulan. "Anda tidak memerlukan bank terpusat untuk mengirim uang, Anda memiliki potongan besar dari teknologi ini untuk mengirim uang untuk Anda melalui kriptografi. Jadi, tidak seperti bank, lebih cepat, lebih murah, dan lebih aman," katanya.

Advani mulai membaca dokumen-dokumen tentang kripto dan mengamati pasar lebih dekat pada musim panas yang lalu. Dia memutuskan bahwa dia tidak akan melewatkan kesempatan kedua untuk ambil bagian.

Dia menginvestasikan semua tabungannya dan sebagian dari penghasilannya dari pekerjaannya sebagai ilmuwan data di sebuah perusahaan perangkat lunak kecil. "Setiap bulan saya menunggu cek gaji itu dan saya langsung memasukkannya," kata Advani.

Sejauh ini, investasinya telah terbayar. Ketika Advani berinvestasi pertama kali di Bitcoin, harganya sekitar 4.000 dolar AS per koin. Pada tanggal 1 Februari 2018, mata uang virtual ini telah berlipat ganda nilainya. Pada puncaknya, investasi Advani tumbuh hampir tujuh angka, meski berfluktuasi dengan volatilitas pasar.

Dia keluar dari pekerjaannya pada bulan Oktober dan sekarang berkeliling dunia sebagai penasehat dan angel investor. Advani berinvestasi sebagian besar di startups yang diputar keluar dari universitas terkemuka, seperti Stanford, Cornell, dan Massachusetts Institute of Technology, yang bekerja pada teknologi blockchain berkecepatan tinggi.

Pria berusia 24 tahun itu saat ini berada di rumah hacker San Francisco untuk pengusaha muda mata uang virtual dan berencana untuk pindah ke kota penuh waktu. Advani mengatakan bahwa dia tidak minum atau berpesta; Sebagai gantinya, ia menghabiskan sebagian besar waktu luangnya untuk bermeditasi dan membaca penelitian kripto kardiak secara online.

"Saya telah memutuskan untuk mengoptimalkan waktu di depan komputer, karena sangat mudah untuk mengalihkan perhatian. Saya memesan semua makanan saya secara online ke pintu. Saya tidak meluangkan waktu untuk berbelanja karena saya pikir ini adalah buang-buang waktu, "Kata Advani.

Dia menambahkan, "Saya mencoba hidup di 'bungker' sebanyak mungkin." Dia yakin kunci keberhasilannya telah membatasi jumlah hal yang dia fokuskan. Dia tidak membaca setiap berita tentang nilai Bitcoin atau memperhatikan kenaikan dan penurunannya.

Sebagai gantinya, Advani membaca penelitian terbaru tentang teknologi dan kemungkinan uang virtual yang mendasari, dan mencoba memetakan tujuan mereka. Dia tidak merekomendasikan investasi dalam uang virtual untuk semua orang, kecuali jika mereka bersedia menggali dokumen putih seperti yang dimilikinya.

"Taruh saja nilai yang Anda tidak keberatan untuk hilang," kata Advani memberi saran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement