Kamis 25 Jan 2018 00:01 WIB

Orang-Orang Baru di Balik Kemudi PT Semen Padang

Yosviandri dipilih sebagai Dirut Semen Padang.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nur Aini
Logo Semen Padang.
Foto: Ist
Logo Semen Padang.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- PT Semen Padang akhirnya memiliki pimpinan baru setelah posisi Direktur Utama kosong sejak September 2017. Yosviandri, yang sebelumnya menjabat Direktur Utama PT PGAS Solution dipercaya menjadi Direktur Utama PT Semen Padang. Dirut Semen Padang sebelumnya, Benny Wendry dipromosikan menjadi Direktur Produksi PT Semen Indonesia (Persero), Tbk.

Yosviandri yang juga Putra Minang dipilih sebagai Dirut Semen Padang dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Semen Padang di Jakarta, Rabu (24/1).

Pada rapat yang dipimpin pemegang saham mayoritas, Hendi Prio Santoso sebagai Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) tersebut juga ditetapkan nama-nama pengurus lainnya, yakni Ahyannizamman sebagai Komisaris Utama, Werry Darta Taifur sebagai Komisaris, Khairul Jasmi sebagai Komisaris, Tri H Rianto sebagai Direktur Keuangan dan Firdaus sebagai Direktur Operasi.

 

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan PT Semen Padang, Iskandar Z Lubis membenarkan penetapan pengurus Semen Padang tersebut. "Benar, sudah ada penetapan susunan pengurus yang baru. Ini sesuai dengan aspirasi masyarakat Sumbar yang mengharapkan jabatan Dirut dan Komut Semen Padang yang kosong sejak September 2017, segera diisi," kata Iskandar, Rabu (24/1).

 

Jabatan Komisaris Utama PT Semen Padang sempat lowong setelah Prof. Dr. Saldi Isra, SH, MPA mengundurkan diri terhitung 10 April 2017, lantaran diangkat menjadi hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Sejak itu, jabatan Komut SP dipegang oleh pelaksana tugas, yakni Suharto. Sementara jabatan komisaris yang diisi oleh Werry Darta Taifur dan Khairul Jasmi, sebelumnya dipegang oleh tiga anggota komisaris, yakni Suharto, Wiztian Yoetri, dan Eddy R. Rasyid.

 

Pada pengurusan Semen Padang kali ini, jumlah direksi dan komisaris masing-masing tinggal tiga orang, dari sebelumnya empat orang. Jabatan Direktur Komersial yang sebelumnya ditempati Pudjo Suseno, pada struktur baru saat ini tidak ada lagi.

 

Hadir pada rapat pemegang saham PT Semen Padang itu antara lain, Hendi Prio Santoso (Dirut SI), Sumarsono (pemegang saham dari Koperasi Keluarga Besar Semen Padang), Fadjar Judisiawan (Direktur Keuangan SI), Doddy Sulasmono Diniawan (Direktur Strategi Bisnis dan Pengembangan SI), Agung Yunanto (Direktur SDM dan Legal SI), Ahyannizamman (Dir Pemasaran dan Supply Chain SI), Benny Wendry (Direktur Produksi SI), dan Tri Abdisatrijo (Direktur Enjiniring Dan Proyek SI).

 

Berikut profil singkat susunan pengurus Semen Padang:

 

1. Ahyanizzaman - Komisaris Utama

 

Ia lahir pada 06 Juli 1966. Diangkat sebagai Direktur Pemasaran dan Supplay Chain PT Semen Indonesia (Persero) Tbk pada RUPSLB 2017 dengan masa jabatan yang akan berakhir pada tahun 2021. Sebelumnya ia menjabat sebagai direktur keuangan pada RUPSLB 11 Maret 2011 hingga tahun 2016, dan pada RUPS 2016 diangkat kembali menjadi Direktur hingga RUPS 2021. Sebelumnya ia sempat menjabat sebagai kepala divisi keuangan (2006-2010), kepala divisi keuangan dan akuntansi (2010-2011), kepala bagian akuntansi keuangan (2006-2007), kepala bagian akuntansi (2004-2006), dan Pjs kepala bagian akuntansi (2002). Ahyanizzaman bergabung dengan perseroan sejak 1991. Ia merupakan Lulusan S1 akuntansi Universitas Airlangga, Surabaya.

 

2. Werry Darta Taifur - Komisaris

 

Prof. Dr. H. Werry Darta Taifur, SE, MA lahir di Kubang, Guguk, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, 29 November 1960. Ia adalah ekonom Indonesia dan Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Sumatera Barat. Ia dilantik sebagai Rektor Unand oleh Menteri Pendidikan Indonesia Mohammad Nuh pada 21 November 2011 menggantikan rektor sebelumnya, Musliar Kasim, yang diangkat sebagai Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada Oktober 2011 hingga tahun 2015. Sebelum menjadi rektor, ia merupakan Pembantu Rektor II Unand dan pernah menjadi Sekretaris Pusat Studi Kependudukan Unand. Setelah tamat dari Fakultas Ekonomi Unand pada tahun 1985, ia melanjutkan kuliahnya ke Flinders University, Adelaide, Australia untuk program S-2 sampai tamat pada tahun 1991. Pada tahun 2005, ia memperoleh gelar PhD dari Universitas Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia.

 

3. Khairul Jasmi - Komisaris

 

Khairul Jasmi adalah seorang sastrawan dan wartawan Indonesia. Ia dikenal sebagai tokoh pers Sumatera Barat, yang juga merupakan Pemimpin Redaksi Harian Singgalang. Pada 18 Juli 2012, Khairul Jasmi dipercaya menjadi Wakil Ketua Forum Pemred (Forum Pemimpin Redaksi) Indonesia. KJ, panggilan karib Khairul, juga sempat membangun karirnya di Harian Republika.

 

4. Yosviandri - Direktur Utama

 

Bos baru Semen Padang ini lahir di Padang pada 1968. Pendidikan terakhir ditempuhnya di Universitas Andalas, hingga mendapat gelar Sarjana pada 1993 di bidang Engineering. Sebagian besar karirnya dibangun di PT Perusahaan Gas Negara (Persero), Tbk selama lebih dari 20 tahun. Berawal pada tahun 1997, ia ditempatkan di bagian Konstruksi Dinas Teknik, hingga pada tahun 2012 ia dipercaya sebagai Kepala Divisi Engineering di PGN. Pada 2014, ia dipercaya sebagai GM wilayah III, meliputi Medan dan Batam. Setelah itu, 2016 ditempatkan di Anak Perusahaan PGN, yaitu PGAS Solution sebagai Direktur Operasi, dan pada 2017 menjabat sebagai Direktur Utama PT PGAS Solution.

 

5. Tri Hartono Rianto, SE., M.Bus., Ak., CA - Direktur Keuangan

 

Ia lahir di Jayapura, 4 September 1971 dan menyelesaikan S1 Akuntansi di Universitas Surabaya pada tahun 1994 lalu melanjutkan S2 Finance Accounting di University Technology Sydney. Ia mengawali karir di PT Semen Gresik sejak 2 Januari 1995. Ia menempati sejumlah jabatan penting di antaranya, Team Leader of Due Diligence Thang Long Cement Company, Deputy II of Post Merger Integration Team Leader TLCC, Strategic Planning & Procurement Director of TLCC, Marketing Director of TLCC, HCM Branch Director of TLCC, dan CEO of An Phu Cement JSC.

 

Ia juga sempat menjabat sebagai CEO of An Phu Cement JSC sejak 1 September 2014. Melalui keputusan para pemegang saham tanpa Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 10 November 2014 terpilih sebagai Direktur Keuangan PT Semen Padang.

 

6. Ir.Firdaus, MM - Direktur Operasi

 

Ia lahir di Bukittinggi pada 8 Agustus 1964. Menjabat Direktur Produksi sejak 24 Juli 2017. Memulai karier di PT Semen Padang sebagai staf orientasi sejak 28 Juni 1989. Ia menamatkan Sarjana di Teknik Fisika ITB 1988 dan S2 Magister Manajemen Unand pada 2002. Memiliki banyak pengalaman di unit produksi, dan nonproduksi. Jabatan di produksi yang pernah dipercayakan pada Firdaus di antaranya, Pemeliharaan Instrumen III Departemen Produksi III (1992 s/d 31-12-1996), Staf Biro Konstruksi Listrik Proyek Indarung V (1997 s/d 1998), Biro Pemeliharaan Listrik & Instrumen V (1998 s/d 1999), Kepala Departemen Perencanaan Teknik Pabrik (2010 s/d2011), dan Kepala Departemen Produksi V (2015-2016), serta Direksi di Thang Long Cement Company (Vietnam). Sementara di non produksi, ia pernah memangku jabatan strategis, sebagai Direksi PT Igasar, dan Sekretaris Perusahaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement