Senin 15 Jan 2018 14:25 WIB

Salurkan Kredit ke UMKM, BCA Gandeng Fintech KlikACC

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Gita Amanda
Produk kerajinan UMKM.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan
Produk kerajinan UMKM. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menandatangani Perjanjian Kerja Sama penyaluran kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan perusahaan financial technology (fintech) PT Aman Cermat Cepat. Perlu diketahui, PT Aman Cermat Cepat merupakan fintech Peer to Peer (P2P) lending yang menyediakan platform pendanaan digital berbasis sistem kemitraan KlikACC.

Kerja sama itu bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam penyaluran kredit usaha rakyat di berbagai sektor usaha. Maka Melalui kolaborasi ini, BCA menunjuk KlikACC sebagai penyalur (chanelling agent) atas pemberian pembiayaan kepada Debitur dengan jumlah maksimum kerja sama yang diberikan ke debitur sebesar Rp 25 miliar rupiah.
 
Fasilitas kredit ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pelaku UMKM berupa kemudahan akses dana untuk keperluan investasi dan modal kerja. "Dengan begitu penting bagi keberlangsungan dan pengembangan usaha yang dirintisnya," ujar Executive Vice President Bisnis Komersial dan SME BCA Liston Nainggolan di Jakarta, Senin, (15/1).
 
Ia menuturkan, KlikACC sebagai online marketplace yang mempertemukan langsung peminjam dan pemberi pinjaman secara peer to peer lending dapat menjadi solusi tepat bagi para pelaku UMKM. Terutama dalam mendapatkan modal segar untuk pengembangan bisnisnya. 
 
Proses pembiayaan kepada debitur, kata dia, juga cukup mudah. Setelah Debitur mengisi formulir aplikasi permohonan kredit yang terdapat pada platform dan mengunggah dokumen yang diperlukan, KlikACC akan memberikan rekomendasi kelayakan pembiayaan melalui program analisa kredit yang terdapat pada platform
 
Liston mengatakan, rekomendasi KlikACC nantinya menjadi pertimbangan BCA dalam menyetujui permohonan Debitur. Hal itu demi mempertahankan prinsip kehati-hatian agar kualitas kredit yang disalurkan tetap terjaga. 
 
Dirinya melanjutkan, pinjaman Debitur melalui platform KlikACC ini minimum Rp 20 juta. Kemudian maksimum Rp 100 juta dengan jangka waktu fasilitas pinjaman tiga tahun. 
 
"Kami berharap kerja sama penyaluran kredit melalui KlikACC sebagai chanelling agent ini dapat berkontribusi memperluas jaringan bisnis. Hal itu untuk penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) BCA, serta memudahkan akses finansial untuk UMKM di seluruh Indonesia," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement