Jumat 29 Dec 2017 18:24 WIB

Bank Asal Jepang Beli Bertahap Saham Danamon

Rep: Binti Sholikah/ Red: Nur Aini
Bank Danamon (ilustrasi).
Bank Danamon (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Ltd (MUFG) badan usaha perbankan dari Mitsubishi UFJ Financial Group Inc, telah menyelesaikan pembelian 19,9 persen dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon, Jumat (29/12).

PT Bank Danamon Indonesia Tbk telah menerima pemberitahuan tersebut dari pemegang saham utamanya, Asia Financial (Indonesia) Pte Ltd atau AFI, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Fullerton Financial Holdings Pte Ltd.

"Seperti yang diungkapkan pada pengumuman tanggal 26 Desember 2017, tahap selanjutnya dalam transaksi yang diusulkan bergantung pada persetujuan regulator dan pemegang saham, serta memiliki syarat pemenuhan yang serupa dengan transaksi sejenis, semua pihak diimbau untuk berhati-hati saat memperdagangkan saham mereka," kata Head of Corporate Communications, Atria Rai, melalui siaran pers, Jumat (29/12).

Pada 26 Desember 2017, MUFG telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat dengan AFI dan entitas terafiliasi lainnya dengan jumlah keseluruhan 73,8 persen dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon.

Investasi tersebut akan dilaksanakan dalam tiga tahap. Pada tahap awal, MUFG akan membeli 19,9 persen dari total saham Danamon yang sudah diterbitkan dengan harga Rp 8.323 per saham. Harga saham untuk Tahap 1 didasarkan price-to-book ratio dua pada kuartal III 2017, dengan memberlakukan penyesuaian tertentu.

Setelah penyelesaian Tahap 1, MUFG akan membeli tambahan 20,1 persen saham dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon, dengan persetujuan regulator dan pihak lainnya yang relevan. Setelah diselesaikannya Tahap 2, MUFG bermaksud untuk mendapatkan persetujuan-persetujuan yang diperlukan untuk meningkatkan kepemilikannya di Danamon di atas 40 persen dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon. Pada Tahap 3 tersebut akan memberikan kesempatan bagi pemegang saham Danamon lainnya untuk tetap menjadi pemegang saham atau menerima uang tunai dari MUFG.

Dengan dilaksanakannya Tahap 3, kepemilikan MUFG dalam Danamon diharapkan akan menjadi lebih dari 73,8 persen dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon.

Harga pembelian saham Danamon dalam Tahap 2 dan Tahap 3 akan memakai pendekatan yang mirip dengan Tahap 1. Tidak ada jaminan harga pembelian saham Danamon di Tahap 2 dan Tahap 3 akan lebih tinggi, lebih rendah atau sama dengan harga dalam tahap sebelumnya. Harga ini akan diungkapkan pada waktu yang tepat.

AFI tetap menjadi pemegang saham yang signifikan selama proses tersebut berlangsung dan tetap memberikan dukungan penuh sebagai pemegang saham. MUFG merupakan salah satu group keuangan terbesar di dunia dan investasinya di Danamon akan memberikan Danamon akses terhadap kekuatan finansial, keahlian dan jaringan MUFG untuk mendukung pertumbuhannya.

"Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, fokus kami adalah untuk senantiasa meningkatkan nilai jangka panjang bagi seluruh pemangku kepentingan dan pemegang saham. Kami tetap berkomitmen menjalankan strategi perusahaan. Layanan dan kegiatan operasional perbankan tetap berjalan seperti biasa," kata Atria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement