Senin 11 Dec 2017 13:27 WIB

Mentan: 11 Komoditas Cukup Hingga Akhir Tahun

Rep: Arif Satrio Nugroho/Melisa Riska Putri/ Red: Nidia Zuraya
bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional
Foto: Musiron/Republika
bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan bahwa persediaan 11 komoditas pangan mencukupi untuk kebutuhan dalam negeri hingga akhir tahun. Bahkan, ia menyebut, jika keamanan stok tahun ini dilakukan tanpa melakukan impor.

Tak hanya menekan laju impor, menurut Mentan, pemerintah juga berhasil menjaga harga pangan selama 2017 relatif stabil bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. "Yang pertama kita menstabilkan harga tanpa impor beras, yang kedua kita stabilkan tanpa impor bawang merah, yang ketiga tanpa impor jagung bahkan kita sudah ekspor, yang keempat adalah cabai ekspor," kata Amran usai berkoordinasi dengan Polri untuk pengamanan stok pangan di Markas Besar Polri, Jakarta, Senin (11/12).

Empat komoditas ini, menurut Amran, merupakan komoditas yang strategis. Pada komoditas ini, menurut Amran, Indonesia bisa melakukan ekspor sehingga stoknya tidak perlu dikhawatirkan.

Meski demikian, diakui dia, ada tiga komoditas yang masih impor, yakni kedelai, daging, dan gula. Namun, ia kembali memastikan, meski impor, stoknya masih tercukupi. "Tiga komoditas yang diimpor ini stoknya ebih dari cukup tahun ini," katanya menambahkan.

Dalam mengamankan stok pangan, Kementerian Pertanian berkoordinasi denggan semua stakeholder terkait seperti Polri dan Kementerian Perindustrian. Polri bertugas dalam pengamanan dan penegakan hukum bila terjadi anomali harga. Sedangkan Kementerian Perindustrian bertugas dalam hal pengolahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement