Senin 13 Nov 2017 08:40 WIB

PM Abe Janji Tingkatkan Investasi di Indonesia

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Elba Damhuri
PM Jepang Shinzo Abe
Foto: Reuters
PM Jepang Shinzo Abe

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe mengapresiasi perkembangan kemudahan untuk berinvestasi di Indonesia yang dicapai semasa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Rating kemudahan berusaha naik terus dan kini berada di peringkat ke-71, demikian juga peringkat investasi yang terus membaik.

"Atas perkembangan-perkembangan itu, jika tahun ini investasinya naik 90 persen, maka di tahun-tahun mendatang, PM Abe berjanji akan terus menigkatkan investasi Jepang," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, dikutip dari laman setkab.go.id, Senin (13/11).

Menurut Menlu, dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi itu, PM Abe juga menyampaikan komitmennya untuk terus berpartisipasi dalam proyek-proyek infrastruktur seperti Pelabuhan Patimban, terowongan MRT, terowongan untuk tol Sumatra, dan sejumlah proyek infrastruktur lainnya.

Dalam kesempatan itu, Retno menyampaikan, inti pembicaraan yang dibahas dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dan PM Jepang adalah mengenai rencana peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang pada 2018, yaitu tentang kegiatan-kegiatan apa yang akan dilakukan kedua negara.

Dalam pertemuan tadi, juga diluncurkan logo 60 tahun hubungan bilateral Indonedia-Jepang, ungkap Menlu.

Pertemuan dengan PM Shinzo Abe ini turut dihadiri sejumlah menteri Kabinet Kerja, di antaranya yakni Menko Polhukam Wiranto, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko PMK Puan Maharani, Seskab Pramono Anung, Menlu Retno Marsudi, dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement