Kamis 09 Nov 2017 15:29 WIB

Tahun Baru, Daop Bandung Siapkan 3 Perjalanan Tambahan

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Sejumlah petugas membersihkan gerbong kereta api di Stasiun Bandung, Jumat (9/6). Mendekati arus mudik PT KAI terus melakukan persipan salah satunya terkait pelayan keamanan dan kenyamanan penumpang.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Sejumlah petugas membersihkan gerbong kereta api di Stasiun Bandung, Jumat (9/6). Mendekati arus mudik PT KAI terus melakukan persipan salah satunya terkait pelayan keamanan dan kenyamanan penumpang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Menyambut masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2017/2018, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung telah menyiapkan sarana, prasarana, dan SDM. Menurut Manajer Humas Daop 2 Bandung, Joni Martinus, tahun ini Daop 2 menyiagakan 29 unit lokomotif  serta 215 unit kereta.  

"Tahun ini Daop 2 menyiapkan 83 perjalanan KA reguler meliputi KA Utama dan Lokal serta 3 perjalanan KA tambahan," ujar Joni dalam siaran persnya, Kamis (9/11).

Menurut Joni, total jumlah KA yang siap melayani masyarakat pada masa angkutan Nataru kali ini adalah 86 perjalanan KA. Total tempat duduk yang disediakan selama masa angkutan Nataru 2017/2018 adalah 860.897  atau sebanyak 54.996 tempat duduk per harinya.

“Kami siapkan semua aspek operasional kereta api untuk menghadapi Angkutan Nataru ini," katanya.

Masa angkutan Nataru, kata dia, pada tahun ini ditetapkan selama 17 hari yakni mulai tanggal 22 Desember 2017 hingga 7 Januari 2018. Selama masa angkutan tersebut, seluruh pegawai PT KAI dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun dan tidak diperkenankan mengambil cuti tahunan.

“Kalau dibandingkan tahun sebelumnya, ada kenaikan sekitar 1 persen. Jumlah itu termasuk di dalamnya tempat duduk untuk KA Tambahan,” kata Joni. 

Pemesanan tiket kereta reguler dan tambahan, kata dia,  sudah bisa dilakukan secara online atau melalui gerai-gerai toserba yang sudah bekerjasama dengan PT KAI. Joni mengatakan, daftar nama KA tambahan di Daop 2 yang akan melayani pengguna jasa KA pada masa angkutan Nataru 2017/2018 adalah Lodaya pagi tambahan rute Bandung -Yogyakarta -Solo. Lodaya Malam tambahan dengan rute Bandung -Yogyakarta-Solo. Ketiga, Pasundan tambahan  dengan rute Kiaracondong - Surabaya.

"Sampai saat ini, untuk keberangkatan tanggal tertentu seperti tanggal 22, 23, 24, 25, 26, dan 30 ada beberapa kereta reguler yang okupansinya sudah mencapai 100 persen," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement