Rabu 18 Oct 2017 08:14 WIB

Terbitkan Obligasi, SMF Targetkan Raup Rp 12 Triliun

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Logo SMF
Foto: Sekper SMF
Logo SMF

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menerbitkan obligasi penawaran umum berkelanjutan (PUB) IV tahap II 2017. Obligasi yang diterbitkan SMF tersebut senilai satu triliun rupiah dengan rating idAAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo menuturkan sudah memasang target tersendiri setelah obligasi tersebut dikeluarkan. "Penerbitan obligasi ini merupakan bagian dari upaya SMF dalam menghimpun dana dengan target Rp 12 triliun," kata Ananta dalam pernyataan tertulis yang diterima Republika, Rabu (18/10).

Ananta Wiyogo mengatakan saat ini minat investor untuk berivestasi pada surat utang SMF cukup tinggi. Dia yakin mengenai hal itu karena terlihat dengan adanya kelebihan permintaan.

Final book building kami untuk obligasi PUB IV tahap II tahun 2017 melebihi target yaitu mencapai Rp3,882 triliun namun yang bisa kami serap sebesar satu triliun rupiah, sesuai target," ujar Ananta.

Obligasi yang kini diterbitkan SMF terdiri dari dua seri, yaitu Seri A dengan nilai sebesar Rp 327 miliar dengan tingkat bunga tetap sebesar 6,25 persen dan jangka waktu 370 hari sejak tanggal emisi. Sementara untuk Seri B jumlah obligasi yang ditawarkan sebesar Rp 673 miliar dengan tingkat bunga 7,25 persen dan dalam jangka waktu tiga tahun sejak tanggal emisi.

Obligasi tersebut juga telah memenuhi kriteria instrumen bagi Lembaga Jasa Keuangan Non-Bank atas Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.36/POJK.05/2016, Tentang Perubahan atas Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.1/POJK.05/2016, Tentang Investasi Surat Berharga Bagi Lembaga Jasa Keuangan Non-Bank. Ananta menegaskan, dana yang diperoleh dari obligasi tersebut akan digunakan untuk memberikan pinjaman kepada Penyalur KPR.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement