Senin 28 Aug 2017 20:22 WIB

Kemendag Jamin Gula Petani Dibeli Bulog

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Nur Aini
Petani gula melakukan unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin (28/8).
Foto: Republika/Taufiq Alamsyah Nanda
Petani gula melakukan unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin (28/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti memastikan gula yang diproduksi petani akan diserap oleh Bulog. Karenanya, ia meminta petani untuk tidak khawatir.

"Mereka sudah dikasih solusinya kok. Bulog akan beli gula mereka," kata Tjahya, saat ditemui di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (28/8).

Bulog, kata dia, telah ditugaskan pemerintah untuk membeli gula petani dengan harga Rp 9.700 per kilogram. Karenanya, Tjahya mengaku heran mengapa petani masih melakukan protes sementara pemerintah sudah menjamin gula rakyat akan diserap Bulog.

Terkait sejumlah gudang gula yang disegel karena tak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), Tjahya menegaskan standar tersebut tak bisa ditawar. Semua gula yang akan dipasarkan wajib memenuhi ketentuan SNI. "Gula itu wajib lho SNI-nya. Kan itu menyangkut kesehatan dan keamanan."

Ia mengatakan, Kemendag juga sudah memberikan solusi agar pabrik melakukan pemrosesan ulang sehingga gula yang dihasilkan meningkat kualitasnya dan sesuai dengan SNI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement