REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sehubungan dengan terganggunya Satelit Telkom-1, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memastikan layanan nasabah tidak terganggu, meskipun ada beberapa jaringan ATM di beberapa bank terdampak khususnya ATM yg memakai VSAT yg terhubung dg Satelit tersebut.
Pelaksana tugas Deputi komisioner manajemen strategis dan logistik OJL, Anto Prabowo menjelaskan, ATM ini umumnya berada di remote area, sementara sebagian besar ATM dan Jaringan Kantor Bank yang umumnya sudah terhubung dengan fiber optic dipastikan tidak terkendala untuk beroperasinya ATM dan layanan kantor cabang melayani masyarakat.
"OJK dan Bank Indonesia sedang berkoordinasi dengan pihak Telkom untuk langkah mitigasi agar seluruh layanan perbankan segera dapat beroperasi normal sepenuhnya," ujar Anto Prabowo dalam siaran pers resminya, Ahad (28/8).
Menurut Anto, OJK telah meminta bank melakukan mitigasi dan komunikasi publik memanfaatkan sarana komunikasi bank yang dapat dihubungi oleh nasabahnya.
Masyarakat juga diminta untuk melakukan konfirmasi kepada call-center bank jika menemui kesulitan dan tidak mudah percaya dengan berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.