Jumat 04 Aug 2017 04:10 WIB

Sumbar Panen Penghargaan Presiden di Bidang Lingkungan Hidup

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Budi Raharjo
 Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno memberikan paparan saat silaturahim ke Kantor Republika, Jakarta, Kamis (16/2).
Foto: Republika/ Wihdan
Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno memberikan paparan saat silaturahim ke Kantor Republika, Jakarta, Kamis (16/2).

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG -- Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno kembali meraih penghargaan dari Presiden Joko Widodo di bidang lingkungan hidup. Kali ini, Irwan mendapat penghargaan Nirwasita Tantra yang diberikan kepada kepada kepala daerah yang memiliki kepemimpinan untuk selalu meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

Tak hanya Pemprov, sejumlah kabupaten dan sekolah di Sumbar juga meraih penghargaan di bidang lingkungan hidup. Pemerintah pusat melakukan penilaian atas program-program yang disusun Pemprov Sumbar dan bagaimana implementasi dan praktik di lapangan serta Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) yaitu dokumen dan konsep pimpinan daerah tentang Lingkungan Hidup.

Irwan menyebutkan, tahun 2016 lalu, Sumbar juga dinobatkan sebagai provinsi terbaik urutan ketiga se-Indonesia dalam hal pengelolaan lingkungan hidup. Tahun ini, Sumbar menempatkan diri sebagai provinsi terbaik urutan kedua se-Indonesia dalam hal pengelolaan lingkungan hidup, atau naik satu tingkat dari tahun sebelumnya.

Penghargaan yang diberikan oleh Presiden Jokowi ini juga diberikan kepada pemimpin atau kepala daerah yang punya visi misi lingkungan hidup dan dibuktikan dengan program serta kepemimpinan yang berwawasan lingkungan hidup.

"Alhamdulillah semua target pencapaian terkait lingkungan hidup terpenuhi seperti indeks air dan udara juga kondisi sungai dan hutan. Termasuk pelaksanaan dan praktek ramah lingkungan di berbagai sektor seperti pendidikan, industri, dan rumah sakit," jelas Irwan, Kamis (3/8).

Irwan menyebutkan, penghargaan ini juga menilai program dan terobosan kepala daerah di bidang lingkungan hidup seperti kebersihan, kerapian, dan juga keasrian lingkungan. "Sehingga banyak kota dan kabupaten serta sekolah di Sumbar mendapat penghargaan," katanya.

Menurutnya, penghargaan di bidang lingkungan hidup ini akan memberi motivasi kepada semua pemangku kepentingan baik di provinsi atau kabupaten kota untuk terus meningkatkan upaya ramah lingkungan di semua bidang sehingga dapat juga mensejahterakan masyarakat.

Penghargaan lingkungan yang diterima Provinsi Sumatra Barat:

I. Nirwasita Tantra Award

1. Gubernur Sumatra Barat.

2. Bupati Dharmasraya.

3. Walikota Bukittinggi.

II. Adipura

1. Kota Bukittinggi.

2. Kota Padang.

3. Kota Sawahlunto.

4. Kota Payakumbuh.

5. Kota Padang Panjang.

6. Kota Painan.

Sertifikat

1. Kota Solok.

2. Kota Batusangkar.

3. Kota Lubuk Sikaping.

Adiwiyata Mandiri

1. SMP 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya.

2. SMP Gunung Talang Kabupaten Solok.

3. SD Bustanul Ulum Kota Padang

4. SMP 25 Padang

5. MTsN Durian Tarung Padang

6. SMA 11 Padang

7. SMA Adabiah Padang

8. MAN I Padang

9. SD 19 Kampung Baru Kota Pariaman

10. SD 10 Pauh Kabupaten Pasaman

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement