Rabu 02 Aug 2017 20:09 WIB

Isi Ulang Saldo KMT Kini Dapat Dilayani di Alfamart

Rep: Sri Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih
Kartu Multitrip KAI
Kartu Multitrip KAI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) memodernisasi sistem transaksi tiket elektronik (e-ticketing). Kini, layanan transaksi isi ulang saldo kartu multi trip (KMT) tidak hanya dapat dilakukan di vending machine yang tersedia di stasiun-stasiun KRL, tetapi juga bisa melalui Alfamart di sekitar lokasi stasiun.

 Dalam jangka menengah, rencananya KMT juga dapat diisi ulang melalui mesin ATM, internet, mobile & SMS banking, aplikasi Pay Pro keluaran provider Indosat dan melalui jaringan True Money. Dengan begitu, pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek akan semakin merasakan mudah dan praktisnya menggunakan layanan KRL.

 

Hingga saat ini, tercatat 341 gerai Alfamart di stasiun dan wilayah sekitarnya dalam radius lima kilometer dapat melayani top-up KMT. Tahap selanjutnya menyusul secara akumulatif 495 gerai Alfamart lainnya, hingga tahap akhir akan ada sekitar 2000 gerai Alfamart yang bekerja sama dengan KCJ.

 

"Program modernisasi e-ticketing ini merupakan komitmen KCJ untuk semakin memudahkan penggunanya. Dengan menambah varian lokasi untuk melakukan transaksi tiket selain di vending machine," kata Direktur Utama PT KCJ, Muhammad Nurul Fadhila dalam keterangan tertulis, Rabu (2/8).

 

Alfamart yang melayani top-up KMT ditandai dengan logo khusus di bagian kasir dan keberadaan mesin pembaca (reader) KMT. Semua varian multi-trip seperti kelang, gantungan kunci, stiker, hingga kartu multi trip yang bertuliskan powered by FeliCa, termasuk KMT X-Presi, dapat diterima di gerai Alfamart. Pengguna yang memiliki KMT lama atau non-FeliCa dapat menukarkannya dengan KMT FeliCa di stasiun KRL terdekat.

 

Adapun langkah-langkah pengisian KMT di gerai Alfamart tidak berbeda dengan yang dilakukan di loket stasiun ataupun vending machine. Pengguna hanya perlu memilih nominal top-up yang diinginkan, lalu membayar di kasir. Pengguna kemudian akan diminta meletakkan KMT pada reader yang tersedia di meja kasir, dan menunggu hingga proses isi ulang selesa

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement