Sabtu 03 Jun 2017 01:00 WIB

Inflasi Mei Dinilai Masih dalam Batas Aman

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Satria K Yudha
Darmin Nasution
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Darmin Nasution

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai inflasi Mei 2017 yang mencapai 0,39 persen masih dalam kategori aman. Meski begitu, ia mengakui angka tersebut sudah cukup tinggi.

"Masih dalam range yang cukup baik. Tapi sudah mulai mentok," ujar Darmin di kantornya, Jumat (2/6). 

Ia mengatakan, inflasi 0,39 persen masih memungkinkan untuk menjaga inflasi di bawah lima persen dalam satu tahun. Karenanya, Darmin masih optimistis target inflasi yang ditetapkan pemerintah dapat tercapai.

"Kalau masih di bawah 0,4 persen itu masih oke kalau kita targetnya di bawah lima persen satu tahun. Tapi ya seharusnya di bawah lima persen agak ke arah empat persen."

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka inflasi Mei 2017 yang sebesar 0,39 persen. Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, kenaikan di beberapa komoditas seperti bahan makanan, rokok, hingga tarif dasar listrik (TDL) menjadi salah satu penyumbang inflasi Mei. 

BPS mencatat, kenaikan harga pada kelompok bahan makanan menyumbang sekitar 0,86 persen terhadap inflasi Sementara, kelompok bahan makanan jadi, rokok dan tembakau menyumbang 0,38 persen. Sedangkan TDL dan kelompok perumahan, air, gas dan bahan bakar memiliki andil terhadap inflasi sebesar 0,35 persen. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement