Ahad 07 May 2017 18:24 WIB

Pengangguran Lulusan SD Lebih Sedikit Dibanding SMK, Kok Bisa?

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nur Aini
Pengangguran (ilustrasi)
Pengangguran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, dilihat dari kelompok pendidikan yang menyumbangkan angka pengangguran, kelompok SD merupakan yang paling sedikit menganggur. Pengangguran lulusan SD hanya 3,54 persen dari seluruh pengangguran di Indonesia sebanyak 7,01 juta orang. Sementara kelompok universitas menyumbang 4,98 persen pengangguran. Tertinggi, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ternyata yang paling banyak menjadi pengangguran.

Dari seluruh pekerja baik sektor formal dan informal di Indonesia, kelompok pendidikan (lulusan) Sekolah Dasar (SD) menyumbang 42,23 persen atau 52,59 juta angkatan kerja. Jumlah ini jauh di atas pekerja yang berasal dari kelompok pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebesar 22,62 juta orang atau 18,16 persen, atau kelompok pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) sebesar 20,52 juta orang atau 16,48 persen. Bahkan, porsi angkatan kerja dari kelompok pendidikan universitas 'hanya' 11,59 juta orang atau 9,31 persen.

Kepala BPS Suhariyanto menilai, banyaknya lulusan SMK yang menganggur lantaran belum sesuainya pilihan kejuruan yang ada dengan perubahan kebutuhan pekerja saat ini. Apalagi, saat ini industri sudah mulai bergeser dari manual ke serba otomatis. Sementara untuk minimnya lulusan SD yang menganggur, ia menilai lantaran kelompok ini relatif lebih "nerimo". Artinya, lulusan SD cenderung menerima apapun pekerjaan atau peluang yang ditawarkan. Lulusan SD tidak terjebak dalam kesesuaian bidang pekerjaan dan pendidikan yang ditekuni.

"Lulusan SD, biasanya mau menerima apapun peluang yang ada. Ke depan SMK ini jurusannya perlu diperluas mengikuti tren baru ekonomi juga perlu dilakukan pencocokan perluasan link and match antara apa yang diajarkan di SMK dan kebutuhan dari dunia kerja saat ini," ujar Suhariyanto.

Ia menilai memang harus ada perbaikan kualitas tenaga kerja di Indonesia, terutama dari segi pendidikan. Hal ini, kata dia, bisa diatasi dengan program pemerintah yang sedang mendorong pendidikan vokasi atau kejuruan, di mana peserta didik diberikan modal keilmuan yang disesuaikan dengan kebutuhan industri.

"Karena sangat disadari untuk pekerja lanjut usia tak mungkin lagi melalui pendidikan formal. Makanya training dan vokasi akan menjadi sebuah langkah penting untuk meningkatkan kualitas SDM kita," kata Suhariyanto, akhir pekan ini.

BPS merilis adanya kenaikan jumlah angkatan kerja di Indonesia hingga Februari 2017. Suhariyanto menyebutkan, jumlah angkatan kerja per Februari 2017 sebanyak 131,55 juta orang. Angka ini naik sebanyak 6,11 juta orang dibanding Agustus 2016 dan naik 3,88 juta orang dibanding Februari tahun lalu. Tak hanya itu, BPS juga menyebutkan ada 7,01 juta penduduk Indonesia yang menganggur pada Februari 2017. Menurutnya, tingkat pengangguran terbuka itu setara dengan 5,33 persen, menurun 0,17 persen dibanding Februari 2016.

"Tingkat pengangguran pada Februari 2017 ini sebesar 5,33 persen. Sedikit menurun dibanding Februari 2016, yang 5,5 persen," ujar Suhariyanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement