Selasa 18 Apr 2017 06:29 WIB

Industri Minta Penyederhanaan Layer Rokok Adil

Pabrik rokok di Jawa Timur.
Foto: Republika/Nurul S Hamami
Pabrik rokok di Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Perkumpulan Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (Gappri) Ismanu Soemiran meminta penyederhanaan layer rokok yang akan dilakukan pemerintah, harus adil dan berpihak kepada industri tembakau lokal.

Menurut Ismanu, pengertian adil adalah bila pemerintah memberikan dukungan dan tidak mengorbankan pabrik lokal seperti yang terjadi di Amerika Serikat. "Mudah-mudahan pemerintah berani meniru sikap tegas AS yang melindungi industri lokal. Kalau berani, itu benar-benar menunjukkan Indonesia yang berdikari," kata Ismanu dalam keterangannya di Jakarta, Senin (17/4).

Ia menambahkan rencana penyederhanaan layer dari 12 menjadi sembilan bisa saja merugikan, apabila tidak mampu mengakomodasi jumlah varian jenis produksi rokok, karena industri hasil tembakau saat ini sangat heterogen.

"Industri hasil tembakau itu memiliki tiga lapis kelas, yakni besar, menengah, dan kecil. Sementara, pola pasar yang ada adalah 'kanibalisme' dimana setiap ada korban pabrik, bisa menyehatkan pabrik yang lain," jelas Ismanu.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement