Ahad 16 Apr 2017 19:55 WIB

Arus Balik Libur Panjang, Daop 3 Cirebon Operasikan KA Tambahan

Rep: lilis handayani/ Red: Budi Raharjo
Stasiun Cirebon
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Stasiun Cirebon

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon mengoperasikan kereta api tambahan. Hal itu untuk menghadapi lonjakan penumpang pada arus balik libur panjang akhir pekan.

 

‘’Hari ini ada dua kereta api tambahan yang dioperasikan dari Cirebon menuju Jakarta,’’ ujar Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro, Ahad (16/4).

 

Adapun dua kereta api tambahan itu, yakni kereta api (KA) Cirek Fakultatif yang diberangkatkan pukul 16.45 WIB dan KA Argo Jati tambahan yang diberangkatkan pukul 21.15 WIB.

 

‘’Semua tiket untuk kereta api tambahan yang berangkat hari ini sudah habis terjual,’’ kata Krisbiyantoro.

 

Tak hanya tiket kereta api tambahan, tiket kereta api regular untuk tujuh keberangkatan dari Cirebon ke Jakarta juga sudah habis terjual. Itu berarti, arus balik penumpang kereta api yang kembali ke Jakarta usai libur panjang akhir pekan sekaligus libur paskah sudah terjadi.

 

Untuk jumlah penumpang, Krisbiyantoro menyebutkan, sudah mencapai lebih dari 7 ribu penumpang pada Sabtu (15/4). Sedangkan untuk hari ini, diperkirakan lebih tinggi lagi. Jumlah penumpang itu melonjak hampir dua kali lipat dari jumlah penumpang kereta api di Stasiun Cirebon mencapai sekitar 4 ribuan orang dalam kondisi normal.

 

Krisbiyantoro pun menghimbau seluruh calon penumpang kereta api untuk merencanakan keberangkatan mereka dengan baik. Hal itu termasuk mengenai pembelian tiket.

 

‘’Pembelian tiket bisa dilakukan di sejumlah saluran eksternal yang sudah melakukan kerja sama dengan kami,’’ tegas Krisbiyantoro.

 

Sementara itu, salah seorang warga Kota Cirebon yang bekerja di Jakarta, Fajri, mengaku sengaja memilih kereta api untuk kembali ke Jakarta dibandingkan moda transportasi lainnya. Pasalnya, kereta api bebas dari kemacetan dan tepat waktu.

 

‘’Saya juga sudah membeli tiket kereta api untuk keberangkatan hari ini sejak jauh hari supaya tidak kehabisan,’’ tandas Fajri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement