Sabtu 11 Mar 2017 09:45 WIB

Jasindo Targetkan Cover Asuransi Lahan Pertanian Indramayu 19 Ribu Ha

Lahan Pertanian
Foto: VOA
Lahan Pertanian

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) pada musim tanam 2017 ini menargetkan 19 ribu hektare (ha) lebih lahan sawah di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terlindungi asuransi.

"Target asuransi usahatani padi di Indramayu sendiri sebanyak 19ribu hektare lebih, meningkat dua kali lipat pada tahun sebelumnya," kata Kepala Kantor Cabang Cirebon PT Jasindo, Dani Setiawan di Indramayu, Sabtu (11/3).

Kabupaten Indramayu sendiri memiliki luasan lahan sawah mencapai 100 ribu ha, namun pelaksanaan dari 2015 sampai akhir tahun 2016 baru 8.000 ha lebih yang mengikuti asuransi. "Kami akan terus melakukan sosialisasi untuk meningkatkan keikutsertaan para petani, karena masih belum mencapai seperlima dari luas lahan Indramayu," ujarnya. 

Sementara itu Direktur Utama PT Jasindo, Solihah menuturkan keberhasilan program asuransi usahatani padi akan berdampak dalam mendorong ekonomi petani dan meminimalkan kerugian dalam bertani. "Kalau para petani gagal panen disebabkan banjir, kekeringan, hama dan lainnya yang masuk dalam kriteria, maka perhektarenya akan diganti sebesar Rp6 juta," katanya.

Ia menambahkan sampai akhir tahun 2016 secara Nasional telah diselesaikan klaim untuk asuransi usahatani padi sebesar Rp 54 miliiar dan kebanyakan karena banjir, serangan tikus dan wereng coklat. 

Sedangkan untuk wilayah Indramayu sendiri sampai akhir tahun 2016 ada sekitar 1.200 ha lahan pesawahaan yang melakukan klaim. "Jumlahnya sendiri mencapai Rp 7,2 miliar yang kita bayarkan," tambahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement