Rabu 01 Mar 2017 10:17 WIB

Dampak Kedatangan Raja Salman Terhadap Pasar Keuangan Indonesia

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz
Foto: Reuters/Jim Boung
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kedatangan Raja Salman ke Indonesia dinilai tidak terlalu berpengaruh terhadap pasar keuangan. Analis pasar modal, Satrio Utomo, mengatakan, saham-saham juga tidak terlihat pergerakan berarti hari ini, Rabu (1/3).

"Pengaruhnya sangat kecil. Kalau dilihat, aliran dana asing juga tidak terlihat. Saham spesifik juga tidak bergerak," ujarnya kepada Republika.co.id, Rabu (3/1).

Ia menambahkan, pasar juga tidak banyak berekspektasi dari kunjungan Raja Salman ke Indonesia. Sebelumnya, raja Arab tersebut diharapkan berinvestasi di saham infrastruktur Indonesia tapi ternyata tidak.

"Jadi sebenarnya tidak ada ekspektasi. Diharapkan pemerintah bisa bekerjasama terkait minyak minyak untuk jangka menengah. Namun sepertinya tidak ada omongan ke sana," ujar Satrio.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pun menurun 0,10 persen atau 5,19 poin ke level 5.381,50 pada awal perdagangan hari ini. Padahal saat dibuka sempat naik tipis 0,05 persen atau 2,48 poin ke level 5.389,17.

"Pelemahan hari ini lebih karena lporan keuangan emiten cenderung negatif," kata Satrio. Ia menambahkan, kondisi pasar saat ini lebih slow, bursa Asia pun tengah wait and see menjelang pidato Presiden Amerika Serikat Donald Trump. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement