Sabtu 11 Feb 2017 06:14 WIB

Pemerintah Jadikan Ambon Sebagai Lumbung Ikan Nasional

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Ikan tangkapan nelayan Indonesia
Foto: Dokumentasi
Ikan tangkapan nelayan Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumberdaya, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah sedang menjadikan Ambon sebagai lumbung ikan nasional pada 2018 mendatang. Ia mengatakan ada banyak potensi ikan laut di laut Ambon.

Luhut mengatakan pada kunjungannya ke Ambon kemarin, ia menilai banyak hal yang perlu dibenahi di Ambon. Seperti pembenahan pelabuhan dan pembuatan skema efisiensi dalam proses bongkar muat di pelabuhan Ambon.

"Saya menemukan ada beberapa inefisiensi yang bisa kita benahi bersama Menteri Perhubungan, maupun dengan Pelindo IV, dan Pertamina,” kata Luhut di Ambon, Jumat (10/2).

Ia juga menjelaskan rencana pemerintah terkait pembangunan ekonomi di Maluku yang akan dilakukan secara efisien. Dengan efisiensi pemerintah akan menghemat belasan triliun rupiah per-tahunnya.

“Kami akan lakukan pembicaraan di tingkat Menteri sebelum melaporkan kepada Presiden,” ujarnya.

Luhut juga melakukan kunjungan ke Pelabuhan Tulehu yang berada di Kab Maluku Tengah. Ia mengatakan daerah tersebut akan didorong menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

"Saya sudah cek, pelabuhan itu nanti akan kita pecah menjadi tiga bagian dan menjadi KEK," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement