Jumat 20 Jan 2017 08:29 WIB

Bank Syariah Qatar dan Bank Maroko Bentuk Joint Venture

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Qatar Islamic Bank
Qatar Islamic Bank

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Qatar International Islamic Bank (QIIB) akan melakukan joint venture dengan bank Maroko yakni CIH Bank. CEO QIIB Abdulbasit Ahmad al-Shaibei mengatakan joint venture ini akan memperkuat pangsa pasar industri keuangan syariah khususnya di Maroko maupun di Afrika Utara. 

Belum lama ini, komite pekabat tinggi di Maroko telah menyetujui dokumen joint venture yang diajukan oleh QIIB dan CIH Bank. "Mereka telah meninjau apikasi kita dan telah disetujui lima aplikasi untuk mendirikan bank islam di Maroko," ujar al-Shaibei dikutip Gulf Times, Jumat (20/1).

Saat ini QIIB dan CIH Bank masih menunggu izin resmi dan lisensi dari Bank Sentral Maroko untuk membuka bank syariah. Al-Shaibei optimistis, Maroko akan menjadi pintu gerbang masuknya industri keuangan syariah di Afrika Utara. 

Dengan masuknya bank syariah, maka ke depan akan lebih banyak lagi channeling yang dibuka di Maroko. Al-Shaibei menekankan bahwa joint venture tersebut dilakukan bukan untuk menyaingi bank konvensional yang sudah lama tersedia, namun menjadi pelengkap.

Al-Shaibei menambahkan, Maroko memiliki stabilitas ekonomi dan politik yang mumpuni, serta nilai mata uang Maroko yakni dirham juga stabil dalam beberapa waktu. Selain itu, al-Shaibei menilai CIH Bank memiliki pengalaman dan keahlian di pasar Maroko karena sudah berdiri selama bertahun-tahun.

"Mereka (CIH Bank) mengetahui pasar dengan sangat baik, dan kami dapat membantu mereka dengan memilih sistem serta produk yang tepat," kata al-Sheibei.

Joint venture ini dapat menciptakan kesadaran mengenai perbankan syariah kepada masyarakat. Al-Sheibei mengatakan, QIIB dan CIH Bank akan bersama-sama membangun budaya perbankan syariah di Maroko termasuk mengenalkan dan mensosialisasikan istilah-istilah dalam perbankan syariah kepada masyarakat. Menurutnya, QIIB dan CIH Bank telah membuat peta jalan model bisnis yang jelas, diantaranya yakni sistem IT serta jaringan cabang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement