Jumat 20 Jan 2017 20:43 WIB

Tahun Lalu Penerbitan Sukuk Naik Jadi 40 Miliar Dolar AS

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Budi Raharjo
Sukuk
Sukuk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penerbitan sukuk baru dengan jatuh tempo lebih dari 18 bulan dari pasar inti dari kawasan Gulf Cooperation Council (GCC), Malaysia, Indonesia, Turki dan Pakistan meningkat menjadi 40 miliar dolar AS pada 2016, dari sekitar 32 miliar dolar AS pada tahun sebelumnya.

Dilansir dari cpifinancial, Kamis (19/1), jumlah ini mewakili 28,5 persen dari total obligasi dan penerbitan sukuk di pasar-pasar pada 2016, turun sedikit dari 29 persen pada 2015. Fitch berfokus pada penerbitan jangka panjang karena sering roll over atas utang jangka pendek dapat mendistorsi tren yang mendasarinya.

Penilaian laporan Fitch menyatakan bahwa mereka berharap penerbitan sukuk tumbuh pada tingkat yang sama pada tahun 2017 dan percaya pangsa pasar akan meningkat karena lebih banyak penerbit sukuk negara bersama obligasi konvensional.

Penerbitan sukuk secara luas mempertahankan pangsa pasar modal pendanaan meskipun obligasi konvensional besar oleh Arab Saudi, Abu Dhabi dan Qatar, Fitch Ratings mengatakan dengan penerbitan gabungan dari 31,5 miliar dolar AS. Laporan itu menyatakan bahwa mereka mungkin memilih untuk pendanaan obligasi untuk menarik investor internasional.

Namun, tujuh dari 10 pasar utama menerbitkan Sukuk negara di 2016 dan negara lainnya di wilayah GCC telah menunjukkan mereka bisa menerbitkan Sukuk, atau campuran, di masa depan, memperkuat pandangan Fitch bahwa pangsa pasar Sukuk secara bertahap akan meningkat. Eksportir minyak di Timur Tengah juga menjadi sumber penting dari aliran penerbitan obligasi dan Sukuk internasional, dan tren tersebut terus berlanjut.

Keputusan apakah negara menerbitkan obligasi atau Sukuk didorong oleh tiga faktor utama: target investor dan dana dasar, apakah ada struktur Sukuk dan strategi keuangan Islam, dan kebutuhan dan ukuran industri keuangan Islam, karena bank syariah tidak bisa berinvestasi di obligasi tradisional.

Di luar pasar inti, prospek penerbitan terbatas karena kurangnya standarisasi, yang membuat proses penataan Sukuk lebih kompleks dan memakan waktu daripada obligasi tradisional.

Negara dan supranationals cenderung tetap menjadi penerbit yang dominan. Namun penerbitan bank juga akan naik di beberapa pasar, didorong oleh penerbitan untuk memenuhi persyaratan modal dari regulator. Implikasi Basel III untuk likuiditas, cukup signifikan di negara-negara GCC karena bank memiliki maturity mismatch kontrak substansial antara pinjaman jangka menengah dan simpanan nasabah jangka pendek.

Perusahaan Malaysia terus menjadi penerbit perusahaan yang paling aktif. Beberapa pasar utama lainnya telah memperkenalkan atau memperbarui hukum sukuk dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Arab Saudi, Oman dan Kuwait, yang secara bertahap harus meningkatkan penerbitan dengan menciptakan struktur yang terstandar dan meningkatkan transparansi.

Obligasi negara terbaru dari kawasan GCC juga harus membantu menciptakan harga patokan pasar modal dan likuiditas perbankan yang lebih rendah bisa mengurangi kesenjangan harga antara pendanaan pasar modal dan pinjaman bank yang GCC korporat andalkan secara tradisional.

Hambatan terbesar yang tersisa untuk penerbitan perusahaan adalah pengembangan keahlian manajemen utang dan perubahan budaya perusahaan untuk meningkatkan transparansi keuangan dan manajemen.

Korporat GCC yang memilih pasar modal lebih mungkin untuk mengeluarkan Sukuk atau campuran keduanya, bukan hanya obligasi untuk menarik basis investor lokal dan regional yang lebih luas. Selain itu, beberapa korporasi dibatasi hanya pinjaman berbasis syariah dengan aturan mereka sendiri atau oleh keinginan mereka untuk dimasukkan dalam dana investasi syariah dan indeks. Akibatnya, aktivitas pasar modal perusahaan adalah penting untuk Sukuk tumbuh secara signifikan dalam hal proporsi dari total emisi.

Risiko utama untuk proyeksi Fitch dari keberlanjutan pertumbuhan penerbitan obligasi berasal dari pergolakan ekonomi atau politik yang secara signifikan mengurangi permintaan investor. Hal ini jauh lebih cepat dari kenaikan suku bunga AS yang telah diekspektasi atau pemulihan yang cepat dari harga minyak yang mengurangi kebutuhan pendanaan dari negara-negara kunci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement