Selasa 10 Jan 2017 16:40 WIB

Bukalapak Catat Nilai Transaksi Hingga Rp 10 Triliun pada 2016

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nur Aini
CEO dan Founder Bukalapak Achmad Zaky memotong tumpeng disakasikan Menteri Komunikasi dan informatika RI  Rudiantara, COO Bukalapak Willix Halim, CFO Bukalapak Fajrin Rasyid d dan Nugroho Heru Cahyono CTO Founder dalam acara syukuran 7 Tahun Bukalapak di J
Foto: Yogi Ardhi/Republika
CEO dan Founder Bukalapak Achmad Zaky memotong tumpeng disakasikan Menteri Komunikasi dan informatika RI Rudiantara, COO Bukalapak Willix Halim, CFO Bukalapak Fajrin Rasyid d dan Nugroho Heru Cahyono CTO Founder dalam acara syukuran 7 Tahun Bukalapak di J

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bukalapak, platform pasar online asli buatan Indonesia yang bertujuan untuk menghubungkan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan pembeli mencatat peningkatan nilai transaksi hingga empat kali lipat dan mendekati Rp 10 triliun pada 2016. Hal ini sejalan dengan peningkatan pageviews hingga 16 kali lipat dibandingkan dengan 2015 yakni menjadi 13,4 miliar dari 800 juta.

"Dengan 1,3 juta pelapak yang bergabung dan berhasil menciptakan lapangan pekerjaan baru, pendapatan Bukalapak di 2016 naik 20 kali lipat. Selangkah lagi menuju profitabilitas," ujar Founder dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky di sela perayaan ulang tahun Bukalapak ketujuh di Jakarta, Selasa (10/1).

Zaky mengatakan tumbuh jauh lebih besar dibanding 2015 bahkan hingga empat kalinya di 2016 bukan berarti pihaknya terus senang. Dia mengatakan pihaknya justru merasa seperti ada tanggung jawab besar. "Mudah-mudahan tahun ketujuh makin besar," ujarnya.

Transaksi harian dibuka lapak saat pertama kali berdiri hanya sekitar Rp 500 juta tetapi pada 2015 naik menjadi Rp 7 miliar dan pada 2016 mencapai Rp 50 miliar. Kemudian saat Harbolnas mencapai Rp 300 miliar per hari. "Ini bukan keuntungan Bukalapak, 99 persen keuntungan masuk pelapak. Satu persen ke buka lapak. Semakin besar transaksi makin makmur pelapak kita, pendapatan makin meningkat," ujarnya.

Zaky mengungkapkan mengawali 2017, Bukalapak memasuki usia ketujuh. Saat ini, Bukalapak telah mencatat 11,2 juta anggota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement