Kamis 22 Dec 2016 17:50 WIB

Pelindo III Bangun Kawasan Marina Terbesar di Indonesia Timur

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pelindo III
Pelindo III

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III memulai pembangunan Terminal Gili Mas Pelabuhan Lembar. Pembangunan ini rencananya akan menjadi pelabuhan dengan kawasan marina terbesar di kawasan Indonesia timur.

Pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Menteri BUMN Rini Sumarno bersama dengan Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi, Kamis (22/12).  Prosesi peletakan batu pertama menjadi awal pembangunan kawasan pelabuhan dengan luas area lebih dari 17 hektar tersebut.

Direktur Utama Pelindo III Orias Petrus Moedak mengatakan pembangunan Terminal Gili Mas sebagai bentuk komitmen Pelindo III dalam upaya peningkatan layanan jasa kepelabuhanan. Menurutnya, Terminal Gili Mas dibangun untuk mengantisipasi peningkatan arus barang dan arus kapal pesiar di Pelabuhan Lembar.  

“Pembangunan Terminal Gili Mas dilakukan dalam 2 tahap, tahap pertama kami targetkan selesai tahun 2019 dan tahap kedua akan selesai di tahun 2021,” ujar Orias melalui siaran pers kepada Republika, Kamis (22/12).

Terminal Gili Mas tahap pertama akan memiliki luas 11 hektar dengan panjang dermaga 200 meter.  Sementara di tahap kedua akan memiliki total area sekitar 17 hektar dengan panjang dermaga 400 meter.  Terminal Gili Mas juga akan dilengkapi fasilitas terminal penumpang dengan luas 2.600 meter persegi (m2) yang dapat menampung 1.500 orang.

“Terminal penumpang tersebut akan dilengkapi fasilitas yang memadai khususnya bagi para turis kapal pesiar yang berwisata ke Pulau Lombok.  Fasilitas dimaksud seperti mesin x-ray dan area perbelanjaan,” tambah Orias.

Menteri BUMN Rini Soemarno menyebut Pelindo III sebagai perusahaan milik negara adalah wakil pemerintah yang berperan sebagai agen pembangunan.  BUMN diminta untuk tidak hanya sekedar menjalankan bisnis dan membukukan laba namun juga membantu pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar wilayah kerjanya.

“Jika fasilitas pelabuhan memadai maka hal tersebut akan berpengaruh pada perekonomian daerah dimana pelabuhan itu berada.  Untuk itu saya minta pelabuhan-pelabuhan lain fasilitasnya juga ditingkatkan,” ungkap Rini.

Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi menyambut baik upaya Pelindo III dalam membangun Terminal Gili Mas Pelabuhan Lembar.  Keberadaan fasilitas pelabuhan bertaraf internasional akan meningkatkan nilai tambah bagi Provinsi NTB di kancah internasional.  Menurutnya, NTB memiiki potensi wisata yang tak kalah menariknya dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

“Saat ini kami sedang mempromosikan pariwisata halal di NTB yang akan mendukung wisata alam dan budaya yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat,” ujar Zainul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement